Kapolda Sulut Buka Acara Pembekalan Pengamanan Pemilu 2019 | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Kapolda Sulut Buka Acara Pembekalan Pengamanan Pemilu 2019

Senin, 04 Februari 2019 | 09.30 WIB


DHEAN.NEWS MANADO – Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Dr. Sigid Tri Hardjanto, SH, MSi membuka acara pembekalan dan penyampaian hasil Rapim Polri kepada personil Polda Sulut dan jajaran, di Ruang Lotus Hotel Sintesa Peninsula, Senin (4/2/2019).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 900 personil Polri yang terdiri dari para PJU, para Kapolres/ta jajaran, para Kapolsek, para Kabag, Kasat dan 690 anggota Bhabinkamtibmas se-Sulawesi Utara.

Acara pembekalan ini membahas kesiapan Polri dalam pengamanan Pemilihan Umum Tahun 2019.

“Kegiatan ini merupakan sarana sosialisasi kesiapan kita atas tanggung jawab guna menjamin keamanan, ketertiban dan kelancaran demi suksesnya penyelenggaraan pemilu tahun 2019, khususnya di wilayah Sulawesi Utara sehingga tugas yang kita laksanakan dapat memenuhi harapan masyarakat,” ujar Kapolda.

Polri sebagai penanggung jawab keamanan dalam negeri, berkewajiban untuk mengawal, menjaga dan mengamankan suksesnya penyelenggaraan pesta demokrasi pileg dan pilpres tahun 2019.

Untuk itu katanya, Polda Sulut harus melakukan manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif, dengan mengerahkan segala sumber daya yang ada, serta memperkokoh kerja sama sinergis dengan Penyelenggara Pemilu, TNI, masyarakat dan mitra keamanan.


Kapolda juga menegaskan untuk mengantisipasi berbagai potensi kerawanan yang dapat terjadi pada setiap tahapan Pileg dan Pilpres tahun 2019 serta dalam rangka menjamin stabilitas kamtibmas tetap kondusif, Polri harus dapat sikapi dengan kematangan berpikir serta bertindak dengan penuh kedewasaan dalam menghadapi setiap tahapan supaya dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Ia juga menegaskan kepada personel Polri dan semua pihak yang terkait dengan penyelenggaraan Pileg dan Pilpres tahun 2019 dapat turut serta berpartisipasi aktif dalam upaya mewujudkan dan memelihara kondusifitas situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Sulut ini.

“Kami menyadari bahwa Polri tidak mungkin bekerja sendiri dalam pelaksanaan Pileg dan Pilpres tahun 2019 ini, oleh karena itu pada kesempatan yang berbahagia ini kami mengucapkan terima kasih kepada para Komandan Satuan TNI yang mendukung dan membantu melaksanakan pengamanan pileg dan pilpres tahun 2019 nanti, hal ini tentunya adalah wujud kebersamaan dan pengabdian kita kepada negara dan seluruh masyarakat,” tandas Kapolda.

Hadir dalam acara pembukaan, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Fajar, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Kesbangpol, Wakajati, perwakilan Bakamla dan perwakilan Lantamal. 

Komentar