Menu Close Menu

Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar gelar Sosialisasi Pengembangan Konservasi Air Tanah

Rabu, 20 Februari 2019 | 19.00 WIB

DHEAN.NEWS MAKASSAR - Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar menggelar Kegiatan I Sosialisasi Pengembangan Konservasi Air Tanah , bertempat di Hotel M Regency Makassar, Rabu (20/2/2019).

Kegiatan I Sosialisasi Pengembangan Konservasi Air Tanah ini dibuka oleh H. A. Iskandar S.E., M.M.,. selaku Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar. 

H. A. Iskandar S.E., M.M.,. selaku Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar menjelaskan tujuan dari pelaksanaan Sosialisasi ini  yaitu  untuk mengetahui keadaan Air Tanah,  yang mana dewasa ini, Air Tanah sudah mengalami kondisi kritis di beberapa wilayah tertentu di Kota Makassar. Disamping itu juga untuk mengetahui kualitas air tanah, pengawasan terhadap izin pengambilan dan izin pengusahaan air tanah,  sehingga kelestarian air tanah di Kota Makassar tetap terjamin kualitas dan kuantitasnya.

Selanjutnya Pembahasan tentang Kebijakan Pengelolaan dan Konservasi Air Tanah di Sulawesi Selatan dan Potensi dan Kondisi Air Tanah, serta kawasan resapan air di Makassar dengan beberapa kesimpulan diantaranya Pemberlakuan persyaratan yang ketat dalam penerbitan Perizinan Air Tanah merupakan salah satu upaya dalam rangka  memantau, menganalisis dan mengevaluasi kondisi air tanah untuk menghasilkan pertimbangan teknis yang tepat dan akurat , Hendaknya Perusahaan - perusahaan yang menggunakan air tanah wajib memasang flowmeter, serta wajib melakukan upaya konservasi dengan membuat lubang resapan biopori dan sumur resapan sesuai Perwali Nomor 70 Tahun 2016, Permohonan SIPA harus terlebih dahulu diajukan ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar baru diteruskan ke BKPMD Provinsi Sulawesi Selatan, Koordinasi yang baik dan intensif serta penyelarasan kesepahaman antara BKPMD selaku penerbit Izin dan Dinas ESDM selaku Tim Teknis, sangat dibutuhkan dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang baik tanpa mengabaikan substansi teknis dalam rangka pengendalian dan pengelolaan air tanah di Sulawesi Selatan.

Nampak hadir dalam Kegiatan ini peserta Perusahaan/Industri, Hotel, Rumah Sakit dan CarWash di wilayah Kota Makassar .

Komentar