Menu Close Menu

Pemkab Takalar Gelar Rapat Perencanaan Penentuan Pusat Kec.Tanakeke

Kamis, 31 Januari 2019 | 19.29 WIB
DHEAN.NEWS TAKALAR - Pemerintah Daerah Kab. Takalar berencana akan membentuk Kepulauan Tanakeke sebagai salah satu Kecamatan di Kab. Takalar, terlebih dahulu dilakukan pertemuan yang di pimpin secara langsung oleh Sekda Takalar Drs. H. Arsyad, MM untuk Penentuan Lokasi Ibu Kota Kecamatan Kepulauan Tanakeke, di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar, Kamis 31 Januari 2019. 

Sekda Takalar Drs. H. Arsyad, MM dalam pertemuan tersebut mengatakan bahwa rencana pembentukan Kecamatan Kepulauan tanakeke sudah di rencanakan dari 3 era pemerintahan sebelumnya tetapi dengan segala upaya dan usaha yang dilakukan, baru di Pemerintahan H. Syamsari bersama H. Achmad Dg. Se're rencana ini dapat terwujud. Tentu ini merupakan suatu kado istimewa di HUT Ke-59 Kab. Takalar. 

"Pembentukan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat dan harus berimplikasi kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan berharap dengan keberadaan Kecamatan Kepulauan Tanakeke dapat menjadi sumber potensi ekonomi baru diwilayah Kab. Takalar." tambah Sekda Takalar. 

Ketua DPRD Kab. Takalar H. Muh. Jabir Bonto pada pertemuan tersebut menyampaikan bahwa pertemuan ini sebagai salah satu bentuk silaturahim dengan warga kepulauan tanakeke dan penetapan lokasi ibu kota kecamatan kepulauan tanakeke harus disepakati bersama dan jika sudah disepakati maka akan di buatkan Peraturan Daerahnya (Perda). 

"Rencana Pembentukan Kecamatan Kepulauan Tanakeke merupakan usulan dari Bupati Takalar melalui Sekda Takalar dan disetujui oleh DPRD Takalar dan Panitia Khusus (Pansus), Pemda Takalar membentuk Kepulauan Tanakeke sebagai Kecamatan agar dapat mendekatkan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat yang ada di pulau, dan jika sudah terbentuk Pemda akan memberikan kapal Feri untuk mempermudah akses transportasi masyarakat ke Kepulauan Tanakeke" jelas H. Jabir Bonto.

"Jika Kecamatan Kepulauan Tanakeke sudah terbentuk, Pemerintah Daerah akan menata pembangunan, Insfrastruktur dan pelayanan di pulau kecamatan menjadi lebih baik" tutupnya.

Dari pertemuan tersebut di sepakati bahwa Dusun Dande-dandere Desa Maccini baji sebagai ibu kota Kecamatan Kepulauan Tanakeke. Desa Maccini baji di pilih sebagai ibu kota Kecamatan Kepulaun Tanakeke karena ditinjau dari segala sisi Dusun Dande-dandere memiliki letak strategis karena terletak dipertengahan di Pulau Tanakeke dan memiliki falisitas penunjang seperti pasar, sekolah dan PLN 24 jam.

Anggota DPRD Kab. Takalar, Ketua Pansus, Camat Mappakasunggu, para Kepala Desa di Kecamatan Mapsu, Ketua BPD Kec. Mapsu turut hadir dalam lertemuan tersebut.

Komentar