TNI-POLRI Siap Amankan Kedatangan RI 1 di Luwu | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

TNI-POLRI Siap Amankan Kedatangan RI 1 di Luwu

Sabtu, 22 Desember 2018 | 21.56 WIB


DHEAN.NEWS LUWU - Menjelang tutup Tahun 2018, Presiden Jokowidodo telah diagendakan bakal berkunjung ke Tanah Toraja dalam rangka menghadiri perayaan Natal Oikumene yang akan dipusatkan di Plaza Kolam Makale, pada Minggu (23/12/18).

Rencananya selepas mampir di Tanah Daeng, RI 1 akan terbang ke Toraja namun tak langsung tiba,  karena jadwalnya Jokowi akan transit di Bandara Udara Lagaligo Bua dulu sebelum sampai ke Toraja. Kisarannya, Presiden RI akan transit sekaligus meninjau langsung kondisi Bandara Udara Lagaligo Bua yang notabene merupakan salah satu dari sekian Bandara di Indonesia yang kena renov dan perbaikan sesuai program kerja pemerintahannya.

Menghadapi agenda Kepresidenan tersebut, pihak TNI-POLRI khususnya Kodim 1403 SWG/Palopo dan Polres Luwu telah siap.

Sabtu (22/12/18) sore, tampak gagah pasukan gabungan TNI-POLRI dalam Apel Persiapan Pengamanan kedatangan RI 1 di Bandara Udara Lagaligo Bua.

Sebanyak 500 personil gabungan dari unsur TNI-POLRI telah bersiaga di Kab.Luwu guna membackup Satuan Paspampres RI dalam mengamankan kedatangan RI 1 yang akan transit di Bandara Udara Lagaligo Bua pada Minggu (23/12/18).

"300 personil siaga untuk pengamanan dan 200 personil lainnya sebagai cadangan," kata Letkol Inf. Imasfy Dandim 1403 SWG/Palopo selaku Kasatgas Ops PAM VVIP Presiden wilayah Luwu.

Jokowi akan berangkat dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menggunakan Maskapai Garuda, lalu transit di Bandara Bua, kemudian lanjut ke Toraja, untuk melanjutkan perjalanan ke Tanah Toraja sendiri, telah disiapkan dua alternatif kendaraan yakni jalur darat dan jalur udara.

Apabila melalui jalur darat, RI 1 beserta rombongan akan menggunakan mobil VVIP lengkap dengan pengawalan, sedangkan jika melewati jalur udara sebanyak tiga helikopter tengah standby di Bandara Udara Lagaligo Bua untuk lanjut terbang ke Toraja.(Dian)

Komentar