Kunjungi Banyuwangi, Pemkab Sinjai Pelajari Penerapan Smart Kampung | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Kunjungi Banyuwangi, Pemkab Sinjai Pelajari Penerapan Smart Kampung

Rabu, 05 Desember 2018 | 12.24 WIB
DHEAN.NEWS SINJAI - Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa dan jajarannya mengunjungi Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (4/12/18). Kunjungan dilakukan untuk mempelajari penerapan Teknologi dalam pelayanan publik di Banyuwangi.

Rombongan Bupati yang didampingi Ketua DPRD sinjai Abd. Haris Umar diterima langsung Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Banyuwangi. 

Smart Kampung yang merupakan program inovasi Kabupaten Banyuwangi dalam mengembangkan daerah pedesaan berbasis teknologi informasi (TI) menarik perhatian banyak pihak. 
Kami berkunjung ke Banyuwangi untuk melihat langsung seperti apa smart kampung, jaringan icon plus dan Mall Pelayanan Publik yang sudah beroperasi disini,” ungkap Bupati Sinjai.

Bupati Sinjai mengatakan sangat terpukau dengan kemajuan Banyuwangi saat ini. Banyuwangi juga tiada henti menelurkan inovasi-inovasi yang mampu mendongkrak kemajuan daerahnya, termasuk dalam penguatan desa.

“Kami banyak mendengar tentang inovasi Banyuwangi dalam upaya penguatan dan pemberdayaan daerah pedesaan. Ini alasan kami datang bersama rombongan untuk belajar tentang pengelolaan dan pelaporan keuangan desa, kebijakan-kebijakan serta manajemen desa di Banyuwangi yang telah berbasis IT,” ujar Bupati Sinjai

Sementara, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menegaskan semua capaian yang didapat Banyuwangi ini tidak serta merta diraih.  “Kami bisa mencapai ini semua dengan proses dan kerja keras bersama, dan sejatinya kami masih terus berbenah dan banyak belajar,” kata Anas.

Terkait inovasi untuk mengembangkan daerah pedesaan, Banyuwangi memilih IT sebagai kendaraannya yaitu melalui program ”Smart Kampung” untuk mendorong pelayanan desa. 

Sebelumnya Bupati Sinjai juga berkunjung di Desa Ketapang melihat aplikasi smart kampung dan diterima langsung oleh kepala desa Ketapang.

Mereka disana belajar dan menyaksikan langsung proses pelayanan publik diantaranya pengajuan pembuatan KTP baru, beasiswa dan pelayanan lainnya. 

Kunjungan kerja  ini dilakukan dalam rangka mendukung program smart kampung yang menjadi salah satu program dalam visi misi Pemkab Sinjai.

Selain Ketua DPRD Sinjai, tampak mendampingi Bupati antara lain Kadis Kominfo dan Persandian H. Firdaus, Plt Inspektur Inspektorat Irwan Syuaib Kadis DPMPTS A. Adeha Syamsuri, Kadis Kesehatan Sinjai A. Suryanto Asapa serta Kepala Kesbangpol Sinjai A. Jefriyanto Asapa. (WNsin)

Komentar