Perdana, Bupati Takalar Lepas Ekspor Jagung ke Filipina | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Perdana, Bupati Takalar Lepas Ekspor Jagung ke Filipina

Rabu, 05 Desember 2018 | 11.52 WIB
DHEAN.NEWS TAKALAR - Dalam mewujudkan Kab. Takalar sebagai Kabupaten Jagung, Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt.MM melepas secara langsung Ekspor Jagung Kab. Takalar Tahun 2018 ke Negara Filipina yang bertempat di Gedung PKK Kab. Takalar, Selasa 4 Desember 2018.

Bupati Takalar dalam sambutannya mengatakan bahwa beliau mengapresiasi kerjasama ini karena merupakan suatu perencanaan yang bagus dimana ditarik dari pasar ke budidaya. Ini merupakan suatu kerjasama yang baik karena banyak hal yang bisa diselesaikan seperti membantu petani mencari harga yang baik dan menjamin produksi sehingga tidak ada lagi lahan tidur di kab. Takalar.

Beliau menambahkan kerjasama ini merupakan wujud realisasi dari apa yang telah di tandatangani di Hari Jadi Kab. Takalar yang lalu dan berharap kerjasama terus berlangsung agar meningkatkan kesejahteraan petani Takalar sehingga angka kemiskinan dapat turun.
Sebelum Pelepasan, telah dilakukan Penandatangan Kontrak Penjualan jagung dari Pemerintah Daerah Kab. Takalar ke PT. Surya Pangan Indonesia Universitas Muhammadiyah Makassar sebesar 7200 ton Ekspor. Pelepasan ditandai dengan pengguntingan pita oleh Bupati Takalar didampingi Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar, Kajari Takalar, Ketua BPH Muhammadiyah Makassar. 

Kepala Dinas Pertanian Kab. Takalar Muh. Hasbi, S.STP, MAP dalam laporannya melaporkan bahwa Kab. Takalar berhasil mengekspor jagung Sebanyak 100 Ton jagung yang merupakan hasil panen periode musim tanam 3 bulan terakhir dan akan diEkspor ke Negara Filiphina. Ini merupakan motivasi Kab. Takalar untuk mewujudkan Kab. Takalar sebagai lumbung jagung. Dilaporkan pula bahwa sampai bulan april Takalar merupakan satu-satunya Kabupaten yang memiliki stok jagung dengan potensi lahan produktif seluas 12000 hektar di 9 Kecamatan.

Rektor Muhammadiyah Unismuh Makassar Dr. H. Abd. Rahman Rahim, SE.,MM pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa Unismuh telah melakukan kerjasama dengan beberapa Kabupaten salah satunya Kab. Takalar dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya penandatanganan memaksimalkan upaya kita untuk sukses mengekspor jagung dan Kab. Takalar dapat dikenal dengan Kabupaten Jagung. Dan merupakan awal kebangkitan kita di bidang ekonomi, dan tidak menutup kemungkinan komunitas yang lain juga dapat dikerjasaamakan.

Kajari Takalar, perwakilan Kapolres Takalar, Direktur Surya Pangan Indonesia, pimpinan OPD Kab. Takalar, para Camat turut hadir dalam pelepasan tersebut.

Komentar