Peringati Hari Santri Nasional, Pemkab Pinrang Gelar Upacara Bendera dan Pawai Ta'ruf | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Peringati Hari Santri Nasional, Pemkab Pinrang Gelar Upacara Bendera dan Pawai Ta'ruf

Senin, 22 Oktober 2018 | 12.03 WIB
DHEAN.NEWS PINRANG – Pelaksanaan Upacara Penaikan Bendera, setiap hari Senin di laksanakan oleh instansi Pemerintah maupun instansi-instansi lainnya. Namun berbeda dengan upacara Bendera pada hari ini. Senin, 22 Oktober 2018.

Pelaksanaan Upacara Penaikan bendera yang di gelar oleh Pemerintah Kabupaten Pinrang di Halaman Kantor Bupati Pinrang Jl. Bintang Kelurhan Maccorawalie, Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang ini, di rangkaikan dengan Hari Santri Nasional Ke-IV Tahun 2018 dengan mengangkat Tema "Bersama Santri Damailah Negeri."
Peringatan hari santri adalah amanat dari Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 yang menetapkan bahwa tanggal 22 Oktober setiap tahunnya, merupakan Upacara peringatan hari Santri Nasional.

Upacara yang di ikuti Ratusan santri yang berasal dari berbagai pondok Pesantren dan Madrasah yang ada di Kabupaten Pinrang dengan khidmat ini, di ikuti sebagai wujud rasa Nasionalisme yang ada di dalam diri Para Santri.

Bupati Pinrang, DR. H. A. Aslam Patonangi, SH. M.Si., yang Bertindak selaku Inspektur Upacara, membacakan Sambutan Menteri Agama Republik Indonesia bahwa Peringatan hari santri nasional merupakan wujud relasi harmoni antara pemerintah dan umat islam khususnya bagi kalangan kaum santri, yang merujuk pada keluarnya resolusi jihad pada 22 Oktober 1945, yang memantik terjadinya peristiwa heroik 10 November 1945.

"Hari santri tahun ini merupakan momentum untuk mempertegas peran santri sebagai pionir perdamaian yang berorientasi pada spirit moderasi islam di indonesia." Ungkap Andi Aslam.
Lanjutnya, bahwa Pemerintah sudah sepatutnya memberikan apresiasi bagi perjuangan kaum santri yang secara nyata memberikan andil besar bagi terbentuk dan terjaganya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Peringatan hari santri harus dimaknai sebagai upaya memperkokoh segenap umat beragama agar saling berkontribusi mewujudkan masyarakat indonesia yang bermartabat, berkemajuan, berkesejahteraan, berkemakmuran dan berkeadilan." Pungkasnya.
Setelah pembacaan sambutan, Bupati Pinrang melanjutkan dengan Penyerahan Hadiah kepada santri dan santriawan pada rangkaian kegiatan perlombaan yang dilaksanakan oleh Pondok Pesantren Se-Kabupaten Pinrang.

Kegiatan ini di lanjutkan pula dengan Pawai Ta'ruf yang diikuti oleh Santri dari Pondok Pesantren Se-Kabupaten Pinrang dan Madrasah Se-Kabupaten Pinrang dengan rute memutar didepan Kantor Bupati Pinrang. (SMpin)

Komentar