Menu Close Menu

Komunitas Cosplay Makassar Hibur Pengungsi Korban Gempa dari Sulteng

Senin, 08 Oktober 2018 | 18.37 WIB
DHEAN.NEWS MAKASSAR - Banyak cara yang dilakukan komunitas untuk membantu korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Seperti yang dilakukan komunitas permainan kostum atau cosplay Makassar. Mereka terjun langsung menghibur pengungsi di salah satu penampungan di Makassar. 

Mengenakan kostum superhero seperti Spiderman, Batman hingga Iron Man, mereka beraksi di depan puluhan pengungsi. Tak lain, mereka ingin membuat para korban, khususnya anak-anak, bisa kembali tersenyum dan sedikit mengobati rasa takut mereka. 

Kami bukan hanya satu komunitas, tapi hampir semua komunitas cosplay yang ada di Makassar terlibat. Ini bentuk empati kami terhadap para korban. Yah, kami hanya ingin mereka, utamanya anak-anak bisa kembali tersenyum," kata salah seorang anggota komunitas cosplay, Isman, Minggu (7/10/2018). 
Di salah satu tempat penampungan pengungsi, para 'superhero' ini mengajak para korban, khususnya anak-anak untuk bermain, bernyanyi, dan bercerita bersama. Selain itu, 'superhero' ini juga menyalurkan bantuan berupa mainan, buku komik, makanan, dan lain-lain.

Yah paling kita ajak bermain dan bercerita bersama. Ringan-ringan aja, kami juga tidak mau mengungkit luka mereka dengan bertanya apa yang terjadi di sana, karena kita sudah sama-sama tahu yah. Kami ingin mereka tuh riang bahagia," ujarnya. 

Puluhan anak-anak pengungsi yang ikut dalam kegiatan pun terlihat sangat antusias. Banyak dari mereka yang mengaku baru pertama kali melihat langsung superhero yang mereka idolakan, dan selama ini hanya mereka lihat di televisi.

Bersyukurnya, anak-anak tuh semuanya tahu karakter-karakter yang kami perankan. Banyak juga memang yang ngefans dengan tokoh super hero yang kami pakai. Jadi enak ngajak mereka bermain," tambahnya. 

Rencananya, komunitas ini juga masih akan terus melakukan kunjungan dan menyalurkan bantuan ke beberapa lokasi penampungan di Makassar. Mereka mengaku, tidak kali ini saja menggelar aksi sosial, saat gempa di Lombok, mereka juga menggelar aksi penggalangan bantuan.

Komentar