Semarak Embassy Goes to Campuss di Vilnius, Lithuania | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Semarak Embassy Goes to Campuss di Vilnius, Lithuania

Jumat, 14 September 2018 | 13.52 WIB

DHEAN.NEWS LITHUANIA - Gemuruh tepuk tangan mengiringi setiap persembahan tarian tradisional Indonesia dan alat musik angklung di kampus Universitas Teknik Vilnius Gediminas (VGTU). Kuliner khas Indonesia juga tak kalah menarik dengan kelezatan dalam rasa, keindahan dalam rupa dan pesona warna nusantara. Suasana semarak tersebut mewarnai kegiatan Embassy Goes to Campussn yang diselenggarakan oleh KBRI Kopenhagen di VGTU, Vilnius, Lithuania, Selasa (11/9).

Program Embassy Goes to Campuss KBRI Kopenhagen di VGTU menampilkan sejumlah tarian tradisional Indonesia seperti Indang (dindin badindin), tari Tanduk Majeng (Ngapote), tari Merak, tari Enggang dan line dance favorit masyarakat Indonesia yakni Goyang Poco-poco, Gemufamire, dan Goyang Tobelo. Selain itu, pengunjung juga dihibur dengan permainan instrumen musik tradisional Indonesia, Angklung yang memainkan lagu nasional dan internasional. Instrumen Angklung dimainkan oleh anggota INDA Group. Tak lupa pengunjung dimanjakan dengan makanan khas Indonesia seperti Siomay, mie goreng, kari ayam dan tempe goreng.

Pada pembukaan acara, Duta Besar RI, Muhammad Ibnu Said menyampaikan ucapan terima kasih kepada VGTU atas kesediaan menerima kehadiran tim kesenian KBRI Kopenhagen pada kegiatan Embassy Goes to Campuss. Kegiatan promosi budaya ini diselenggarakan selain untuk meningkatkan people-to-people contact, juga untuk memperkuat kerjasama bilateral di bidang sosial budaya yang diperkuat pada saat kunjungan Presiden Republik Lithuania, Y.M. Dalia Grybauskaite, ke Indonesia bulan Mei 2017 yang lalu. 

KBRI Kopenhagen juga menyambut baik penandatanganan Collaborative Agreement on Postgraduate Scholarship antara Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan Vilnius Gediminas Technical University, Lithuania. Indonesia juga telah menawarkan program beasiswa Dharmasiswa kepada mahasiswa asing di seluruh dunia di mana saat ini telah diikuti oleh 80 orang mahasiswa dari Lithuania.

Pada sambutannya, Rektor VGTU, Prof. Alfonsas Daniunas, menyambut baik kegiatan seperti ini, selain dapat meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai Indonesia, juga dapat meningkatkan people-to- people contact antara diplomatic community dengan mahasiswa sehingga dapat memberikan cara pandang baru bagi mahasiswa khususnya mengenai Indonesia. VGTU menyambut baik dan mengharapkan kerjasama pendidikan yang baik dengan Indonesia dan Collaborative  Agreement on Postgraduate Scholarship dapat menjembatani atas asas mutual benefit.

Kegiatan yang dihadiri oleh 230 orang civitas akademika VGTU ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang dilaksanakan KBRI Kopenhagen di Lithuania dalam rangka perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73. Kegiatan lainnya berupa silahturahmi dengan masyarakat Indonesia yang berada di Lithuania, Business Meeting, dan Diplomatic Reception. (Sumber: KBRI Copenhagen​)

Komentar