Menu Close Menu

Produk Suku Cadang Indonesia Tembus Pasar Eropa di Automechanika 2018

Selasa, 18 September 2018 | 11.11 WIB

DHEAN.NEWS FRANKFURT - 15 September 2018: Produk-produk suku cadang otomotif Indonesia tampil dalam pameran Automechanika 2018 yang berlangsung pada tanggal 11-15 September 2018 di Messe Frankfurt. Automechanika adalah salah satu pameran terbesar dunia di bidang suku cadang otomotif. Keikutsertaan Indonesia pada pameran tersebut merupakan ajang promosi sekaligus strategi untuk menembus pasar otomotif Jerman, Eropa, dan dunia. Pameran yang diselenggarakan dua tahun sekali sejak tahun 1971 tersebut dikuti oleh sekitar 5.000 eksibitor dari berbagai negara dengan jumlah pengunjung diperkirakan mencapai 133.000 orang dari 170 negara.

Paviliun Indonesia menghadirkan tiga perusahaan, yaitu PT Tri Mega Baterindo (automotive battery, lead acid storage battery, industrial battery, car battery), PT Elangperdana Tyre Industry (high performance passenger car radial tyres, light truck radial tyres, light truck and buses conventional tyres), dan PT Supreme Belting Perkasa (wrapped belts, raw edge belts, wedge belts, dan ribbed belts). Paviliun Indonesia tersebut difasilitasi oleh KBRI Berlin dan didukung oleh KJRI Frankfurt. Selain itu, terdapat satu perusahaan Indonesia, yaitu ADR Group (radiator dan filter) hadir secara mandiri.

“Industri otomotif Indonesia tampak semakin maju dengan berbagai inovasi dan aplikasi teknologi menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi,” ujar Konjen RI Frankfurt Toferry P. Soetikno. Saat mengunjungi para peserta Indonesia, Konjen berpesan agar kualitas produk terus dipertahankan guna menjaga kepercayaan buyer. Produk-produk Indonesia dapat dikatakan mendapat kepercayaan dari pasar Eropa dan dunia apabila dapat menembus pasar Jerman. Mengingat untuk dapat masuk ke pasar Jerman dibutuhkan kualitas produk yang sangat tinggi.

Salah satu peserta, ADR Group, merupakan salah satu success story dalam industri produk otomotif Indonesia. Perusahaan yang sudah 9 kali mengikuti pameran Automechanika ini mengalami proses mulai dari awal saat mereka berjuang untuk menciptakan brand awareness. Setelah beberapa tahun, ADR Group kini memetik hasilnya, yaitu mereka dapat menerobos pasar internasional.

Keikutsertaan Indonesia secara konsisten dalam pameran Automechanika penting meningkatkan kepercayaan pasar terhadap produk Indonesia, karena melalui ketertarikan terhadap suatu brand maka customer baru dapat diperoleh. Partisipan dari negara lain cukup banyak di pameran ini, sehingga kompetisi produk menjadi tidak mudah. “Diharapkan pada Automechanika berikutnya, lebih banyak peserta dari Indonesia yang berpartisipasi,” tukas Konjen RI Frankfurt. Pameran Automechanika berikutnya rencana akan diselenggarakan pada tanggal 8-12 September 2020.

Komentar