Menaker Bersama Duta Besar Indonesia Untuk Thailand Turut Hadir dalam ASC ke-12 | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Menaker Bersama Duta Besar Indonesia Untuk Thailand Turut Hadir dalam ASC ke-12

Senin, 03 September 2018 | 21.48 WIB

DHEAN.NEWS THAILAND - ASEAN Skills Competition (ASC) merupakan wujud dari Komunike Bersama antara Menteri Menteri Tenaga Kerja Se-ASEAN pada ASEAN Labour Minister Meeting ke-10 tahun 1994. Dalam rangka peningkatan kualitas keterampilan tenaga kerja generasi muda di kawasan ASEAN dan mempererat persahabatan sesama Negara anggota ASEAN.

Penyelenggaraan ASC merupakan salah satu upaya peningkatan standar kompetensi kerja ASEAN di berbagai bidang kejuruan sehingga citra, kualitas dan posisi tawar tenaga kerja negara anggota ASEAN di dunia internasional semakin diperhitungkan.

ASEAN Skills Competition (ASC) adalah kompetisi rutin yang diselenggarakan 2 (dua) tahun sekali untuk mempromosikan perkembangan keterampilan pemuda-pemudi ASEAN, meningkatkan daya saing negara-negara ASEAN, serta meningkatkan persaudaraan di antara negara-negara ASEAN.

ASC telah diselenggarakan sebanyak 11 kali, di mana pada ASC ke-4 pada tahun 2002 dan ASC ke-9 pada tahun 2012, Indonesia mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan kompetisi ini.

Pada gelaran ASC ke-11 di Malaysia, Indonesia mendapatkan 13 emas, 2 perak, 7 perunggu dan 14 diploma. Dengan perolehan tersebut Indonesia menduduki peringkat ke-2 atau runner up.


ASC ke-12 tahun ini akan diselenggarakan pada tanggal 31 Agustus s.d. 2 September 2018 di IMPACT, Muang Thong Thani, Thailand, dan Indonesia mengirimkan 2 peserta kompetisi per kejuruan/skills area yang diperlombakan pada 22 kejuruan dari total 26 kejuruan yang dilombakan.

Indonesia langganan mendapatkan emas di kejuruan- kejuruan seperti: Cabinet making, fashion technology, Graphic Design Technology, Bricklaying, dan Electronic.

Indonesia sudah 4 kali mendapat emas berturut turut di kejuruan elektronika, pada ASC tahun 2010, 2012, 2014, 2016.

Menaker Hanif menyemangati Delegasi Indonesia yang akan bertarung dalam ASC ke-12.

Rencananya, Besok Menaker akan melihat langsung peserta Indonesia yang berlaga di IMPACT Muang Thong Thani, Thailand.

Selepas acara pembukaan ASC Ke-12, Menaker Hanif jalin keakraban dengan Menteri Tenaga Kerja Thailand, Police General Adul Sangsingkeo.

Di lingkungan ASEAN, Menaker Hanif sering melakukan komunikasi informal untuk meningkatkan kerjasama ketenagakerjaan regional.

Komentar