Keren, Pasar Kakilangit Dilengkapi Fasilitas Camping | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Keren, Pasar Kakilangit Dilengkapi Fasilitas Camping

Jumat, 21 September 2018 | 16.40 WIB

DHEAN.NEWS YOGYAKARTA – Suka alam terbuka? Kangen dengan suasana camping? Kalau jawabannya iya, berarti inilah saatnya datang ke Pasar Kakilangit, Mangunan, Jogja. Camping bisa dilakukan setelah 29 September nanti.

Destinasi digital besutan Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Jogja ini memiliki agenda camping setiap malam minggu. Namanya Camping Ceria. 
"Pasti seru abis. Banyak pengalaman yang bisa kamu petik di sini. Tapi yang pasti kamu akan bertemu banyak orang baru yang asik. Acara ini akan kita mulai tanggal 29 September 2018. Untuk Sabtu (22/9) malam, kita masih tahap percobaan. Jadi baru intern anggota Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Jogja," ujar Koordinator GenPI Jogja, Nunung Elizabeth, Kamis (20/9).

Campingnya dijamin asik. Mau datang sendirian atau bersama kawan-kawan sama serunya. Terlebih kalau bisa bareng keluarga. Pokoknya makin banyak makin asik.

Gimana gak bakal asik. Kamu akan dibawa menikmati indahnya alam Mangunan. Ngobrol seru dengan sahabat atau keluarga sambil ditemani api unggun tentu menyenangkan. Apalagi sambil menikmati segelas kopi atau wedang jahe yang nikmat. Dan itu semua dilakukan dibawah indahnya ribuan bintang diangkasa.

Soal perlengkapan camping kamu gak usah khawatir. Semua akan disiapkan oleh Pasar Kakilangit. Dari mulai tenda, api unggun, semuanya ada.

"Jadi tinggal bawa perlengkapan diri serta perbekalan. Tapi jangan lupa untuk menjaga kebersihan. Sampah bekas makan dan minum dibuang pada tempatnya," kata wanita berkaca mata itu.

Keseruan tidak berhenti disitu saja. Setelah camping, kita dapat berburu kuliner khas Pasar Kakilangit. Ada Sego Buntil, Bledak, Bubur Sayur, Mi Des, Soto, Lotek, Sego Bakar, Gudeg Manggar, Jadah Tempe, Kicak, Tahu Guling, Tiwul, Mie Lethek Goreng, dan Brongkos adalah sebagian kecil kuliner khas yang ada di destinasi digital itu. Dan semua merupakan racikan dari masyarakat sekitar Pasar Kakilangit.

"Ini salah satu yang bikin asik. Begitu bangun pagi semua akan disuguhkan dengan menu sarapan yang menggugah selera. Semua dijamin lezat. Harganya pun gak akan bikin tongpes alias kantong kempes," ucapnya.

Selain itu, Pasar Kakilangit juga menyediakan live music di hari Minggu. Pengunjung juga bisa ikut menyumbang suara. Mau lagu kekinian atau tembang lawas siap dibawakan.

Buat yang mau ikutan silahkan hubungi Latifah di 0838-6956-2152. Biayanya murah meriah. Hanya Rp 40 ribu per tenda. Masing-masing tenda dapat menampung 4 orang peserta. “Kapan lagi seru-seruan menikmati malam di Pasar Kalilangit. Yuk buruan daftar," ajaknya.

Terpisah Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Media, Don Kardono memuji performa destinasi digital Pasar Kakilangit. Menurutnya destinasi digitak ini mampu melengkapi destinasi wisata di kawasan Mangunan.

Selama ini, wisatawan yang datang hanya dapat menikmati spot untuk berfoto. PasarKakilangit melengkapi hal itu dengan atraksi serta kuliner khas masyarakat Mangunan.

"Setelah diresmikan langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, Pasar Kakilangit makin spesial. Penambahan atraksi baru berupa camping ground adalah penanda era baru. Era dimana Pasar Kakilangit tidak hanya terbatas pada rutinitas pasar di tiap akhir pekan saja. Kini Pasar Kakilangit juga bisa digunakan untuk agenda lain seperti outbond, wisata edukasi, maupun kegiatan sejenis lainnya. Ini sebuah terobosan bagus," ujar Don.

Hal senada juga dikatakan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Sebagai sebuah komunitas, GenPI selalu inovatif dan selalu fresh dalam menyelenggarakan kegiatan. Karena anggota GenPI harus bisa kreatif dalam mengangkat tema-tema pariwisata di daerahnya.

"Ini yang sering saya sebut 2C. Yaitu Creative Value dan Commercial Value. Kreatif dalam mengangkat tema-tema pariwisata di media sosial dari desain, pemilihan kata sampai pembuatan event. Dan selanjutnya event itu harus menciptakan nilai komersial yang bermanfaat bagi setiap anggota komunitas maupun masyarakat sekitar," ujar Menpar Arief Yahya.

Menpar pun berharap semakin banyak generasi muda yang ikut masuk ke dalam GenPI. Sehingga percepatan di sektor pariwisata dapat dilakukan.

"Menjadi anggota GenPI itu tidak akan rugi. Banyak hal positif yang bisa didapat. Contohnya GenPI Jogja ini. Mereka mampu memberikan kontribusi bagi pariwisata Jogja. Jadi buruan daftar. Caranya juga mudah. Tinggal kunjungi genpi.co isi form pendaftaran. Yang pasti jadi anggota GenPI itu gak rugi. Selalu banyak keseruan. Jadi buruan daftar. Salam Pesona Indonesia. Salam GenPI," tutur Menpar Arief Yahya.

Komentar