Kegiatan Deklarasi Pemilu 2019 Pileg / Pilpres Yang Aman, Damai Dan Sejuk di Kabupaten Sinjai | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Kegiatan Deklarasi Pemilu 2019 Pileg / Pilpres Yang Aman, Damai Dan Sejuk di Kabupaten Sinjai

Senin, 17 September 2018 | 16.46 WIB

DHEAN.NEWS SINJAI - Hari Minggu tanggal 16 September 2018 pukul 08.00 wita bertempat diarea car free day, jln. persatuan raya, kel. biringere, kec. sinjai utara kab. sinjai berlangsung deklarasi Pemilu 2019 Pileg / Pilpres Yang Aman, Damai Dan Sejuk untuk mewujudkan pileg / pilpres yang aman, kondusif saat pemilu tahun 2019.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kapolres Sinjai Akbp Ardiansyah, S.IK.,M.H, yang mewakili penjabat bupati sinjai Sekdakab. sinjai Drs. Akbar Mukmin, M.Si, Dandim 1424 Sinjai Letkol czi Gunawan Susianto, Mtr (Han),
yang mewakili kajari sinjai, ketua KPU kab. sinjai M. Arsal Arifin, SE komisioner KPU kab. sinjai, sekretaris KPU kab. sinjai Drs. M. Haris, M.Pd, sekretaris bawaslu kab. sinjai, para pejabat utama Polres Sinjai, para kapolsek, para kepala OPD kab. sinjai, ketua dan pengurus partai peserta pemilu 2019,
tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan dwarga masyarakat kab. sinjai  sekitar 1.500 orang.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu indonesia raya dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Brigpol Hasan Syam.

Selanjutnya sambutan Kapolres Sinjai Akbp Ardiansyah, S.Ik.,M.H yang intinya menyampaikan bahwa saat ini kita akan melaksanakan deklarasi pemilu 2019 dalam rangka mewujudkan pileg dan pilpres yang aman, damai dan sejuk.
Dan kabupaten sinjai telah melaksanakan Pilkada tahun 2018 dengan aman dan kondusif atas dukungan semua unsur terkait dan masyarakat sinjai. Olehnya itu
kembali mengajak seluruh elemen masyarakat untuk kembali bersama sama mewujudkan Pemilu 2019 yang tetap kondusif.

Selain itu, kapolres sinjai mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, partai politik serta seluruh caleg untuk menolak dan mengantisipasi berita-berita hoax, politisasi Agama, dan Sara. Dan agar masyrakat tidak terprovokasi dengan issu-issu yang hanya ingin memecah belah bangsa dan agar tetap menjaga hubungan silaturahmi demi terwujudnya pemilu damai, aman dan sejuk ditahun 2019.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan penjabat bupati sinjai yang diwakili Sekdakab. sinjai Drs. Akbar Mukmin, M.Si yang intinya mengajak kepada wajib pilih menyalurkan hak pilihnya dan tidak golput pada pemilu 2019. Dan pemerintah daerah mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk mendukung terwujudnya Pemilu 2019 yang kondusif.

Selain itu, mengajak seluruh masyarakat agar memperat persaudaraan dan silaturahmi dan tidak mudah terprovokasi demi menjaga keutuhan negara dan khususnya menciptakan sinjai yang kondusif. Dan agar masyarakat mengantisipasi penyebaran berita hoax, politisasi agama, sara yang hanya dapat menciptakan situasi tidak kondusif.

Kegiatan dilanjutkan dengan Pernyataan Deklarasi Pemilu 2019 oleh pimpinan partai politik disaksikan oleh para unsur forkopimda, dan tamu undangan dan ada empat point penting pernyataan deklarasi damai tersebut diantaranya :

1). Siap mewujudkan pemilu legislatif dan pemilu presiden / wakil presiden tahun 2019 yang aman, damai dan sejuk. 

2). Siap menyelenggarakan pemilu legislatif dan pemilu presiden / wakil presiden tahun 2019 secara profesional serta senantiasa menjaga netralitas.

3). Mengutuk pihak-pihak yang melakukan upaya penyebaran berita bohong /  hoax yang dapat memberi dampak negatif terhadap kebersamaan kekeluargaan serta persatuan dan kesatuan masyarakat kab. sinjai.

4). Menolak segala bentuk upaya politisasi sara dan ujaran kebencian yang dapat memprovokasi, memecah belah persatuan dan kesatuan serta mengganggu stabilitas politik, keamanan dan ketertiban masyarakat kabupaten sinjai.

Dalam kegiatan deklarasi ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh yang mewakili penjabat bupati sinjai Sekdakab. sinjai Drs. Akbar Mukmin, M.Si didampingi unsur forkopimda Ketua KPUD Sinjai, bawaslu sebagai simbol perdamaian. Kemudian dilanjutkan dengan penandatangan deklarasi pemilu 2019 yang aman, damai dan sejuk.

Dan terakhir foto bersama, selanjutnya dihibur oleh Janwar KDI, dan berlangsung tertib, aman terkendali.

Komentar