Budaya Indonesia Warnai Kota Frankfurt Jerman | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Budaya Indonesia Warnai Kota Frankfurt Jerman

Rabu, 26 September 2018 | 16.54 WIB
DHEAN.NEWS JERMAN - Akhir pekan lalu, tepatnya tanggal 22 September 2018, grup Mia Patria yang beranggotakan 32 warga Indonesia dari berbagai daerah di Indonesia menampilkan keanekaragaman budaya Indonesia di kota Frankfurt. Penampilan tersebut disajikan dalam bentuk tari-tarian daerah, senandung lagu dan musik angklung saat perayaan ulang tahun Skyline Plaza, salah satu mall terbesar di kota Frankfurt. Acara yang diadakan di rooftop Skyline Plaza itu merupakan salah satu promosi Kebhinnekaan Indonesia dari KJRI Frankfurt.

Dalam kesempatan tersebut, grup Mia Patria memukau para pengunjung Skyline Plaza melalui lagu-lagu Selayang Pandang hingga Keroncong Kemayoran yang kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan Tari Nandak Ganjen dan Tari Ratoeh Jaroeh. Tari Ratoeh Jaroeh ini merupakan salah satu tari yang ditampilkan saat pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta. Tak berhenti sampai disitu, grup Mia Patria kembali menarik perhatian para pengunjung dengan tampil menggunakan instrumen Angklung dan memainkan irama Serenade no. 13 in G Major dari Mozart. Selanjutnya, grup Mia Patria memainkan lagu Alusia sebagai penutup. Pengunjung juga ikut menari bersama diiringi lagu Alusia. Grup Mia Patria cukup menghangatkan kota Frankfurt yang cuacanya sudah mulai dingin mendekati musim gugur.

Pada malam harinya, Persatuan Masyarakat Indonesia Frankfurt (PERMIF), merayakan ulang tahunnya yang ke 8 di Saalbau Ronneburg. Acara ini dihadiri wakil-wakil masyarakat Indonesia di Frankfurt dan Konjen RI beserta staf KJRI Frankfurt.

Pada acara tersebut, organisasi-organisasi masyarakat di wilayah kota Frankfurt diperkenalkan. Bazaar makanan dari berbagai daerah di Indonesia tersaji lengkap. Banyak warga Jerman yang juga hadir dalam acara tersebut.

"PERMIF hendaknya menjadi sebuah wadah inklusif untuk semua WNI di Frankfurt dan turut serta aktif dalam promosi budaya dan pariwisata Indonesia." kata Konjen RI dalam sambutannya. Dalam kesempatan itu, Konjen RI juga menyampaikan perlunya menjaga kerukunan di antara masyarakat Frankfurt. "Dengan semangat persatuan dalam keberagaman, kerukunan antara WNI di Frankfurt dan sekitarnya harus selalu dijaga."

Komentar