Menu Close Menu

240 Mahasiswa PK UNHAS Angkatan 58 KKN di Takalar

Rabu, 19 Juni 2019 | 12.00 WIB

DHEAN.NEWS TAKALAR - Sebanyak 240 Mahasiswa Profesi kesehatan (PK) UNHAS Makassar  angkatan 58 melakukan Kuliah kerja Nyata (KKN) di wilayah Kabupaten Takalar. 

Hal ini ditandai dengan penerimaan Mahasiswa KKN di Ruang Pola Kantor Bupati Takalar oleh Sekda Takalar diwakili Kepala Dinas Kesehatan Kab. Takalar dr. Hj. Nilal Fauziah, M.Kes bersama Kepala RSUD Padjonga Dg. Ngalle Kab. Takalar. Rabu (19/6/2019).

dr. Nilal dalam sambutannya mengatakan diantaranya bahwa Pemerintah Kabupaten Takalar sangat mendukung penuh adanya mahasiswa Unhas untuk KKN di Takalar karena sesuai tema kegiatan mahasiswa di lapangan nanti sejalan dengan kegiatan Pemda Takalar melalui Dinas Kesehatan Takalar. 

"Pemda melalui dinas kesehatan saat ini terus berusaha  meminimalisir kasus TBC. Kami kerjasama dengan kader kesehatan yang berada di setiap dusun di Takalar. Dan Kader Kesehatan ini merupakan ujung tombak kami untuk lebih cepat mengetahui kesehatan warga kami di Takalar," Jelas Hj. Fauziah. 

"Pada kesempatan ini, Sekda menitip pesan bahwa  sebentar lagi akan ada lomba desa di Kecamatan galesong Utara dan di Kecamatan Mangarabombang. Untuk itu diharap mahasiswa yang ditempatkan  di ke dua kecamatan tersebut untuk dapat ikut bersama-sama fokus di lomba desa tersebut," Pungkasnya. 

Pemda Takalar berharap mahasiswa PK unhas yang KKN di wilayah Takalar dapat terus bersinergi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Sementara itu Ketua Satgas KKN Unhas Dr. Irwin Aras dalam laporannya menjelaskan bahwa ada 240 Mahasiswa PK Unhas akan melakukan KKN yang tersebar di 9 Kecamatan di Kabupaten Takalar. 

"Tahun ini khusus Mahasiswa Unhas PK melakukan KKN sebanyak 649 orang yang tersebar di 3 Kabupaten yakni Kabupaten Takalar, Soppeng dan Toraja. Khusus kabupaten Takalar ada 240 orang yang ditempatkan untuk melakukan KKN". Jelasnya Satgas ini. 

Lanjut dijelaskan bahwa mahasiswa KKN di Takalar dari tanggal 19 Juni sampai 17 Juli 2019 yang akan disebarkan di tiap kecamatan sebanyak 10 sampai 11 orang mahasiswa. 

"Adapun tema kegiatan mahasiswa di lapangan yakni pengendalian Tuberculosis/TBC. Tema ini diambil karena Berdasar pada bahwa di indoesia merupakan 3 penyakit besar yang tercatat di kementerian kesehatan. Selain itu juga,  SDM di Unhas sangat mendukung dalam pengendalian TBC. 

Mudah-mudahan Program Kegiatan mahasiswa ini sejalan dengan Pemerintah kabupaten Takalar dan para Mahasiswa dapat memanfaatkan waktu dan lokasi untuk menimbah ilmu di lokasi KKN masing-masing". Harap Satgas Unhas tersebut. 

Tampak hadir dalam penerimaan mahasiswa PK Unhas yakni para Camat, Kades/Lurah di Takalar, para pendamping mahasiswa dan sejumlah keluarga mahasiswa yang mengantar. 

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya secara serentak dan diakhiri dengan penerimaan berkas nama-nama Mahasiswa yang akan KKN di Takalar oleh Satgas Mahasiswa KKN PK Unhas kepada Kadis Kesehatan didampingi Kepala RSUD Padjonga Dg. Ngalle Takalar.

Komentar