Menu Close Menu

Pemda Luwu Bakal Bangun RPU dan Bentuk Brigade Pangan

Rabu, 15 Mei 2019 | 22.04 WIB
DHEAN.NEWS LUWU - Pertanian Kabupaten Luwu punya Motto yang Khas, "Tanam Petik Olah Jual," hal ini yang mendorong Pemkab Luwu untuk mencanangkan pembangunan Rice Processing Unit (RPU) di Tanah Luwu. Hal ini diungkapkan Bupati Luwu Drs. H. Basmin Mattayang, M.Pd didampingi kadis Pertanian Andi Pangeran, saat mengunjungi beberapa titik lokasi persawahan di desa Lengkong dan desa Puty kecamatan Bua dalam rangka peningkatan olah tanam serentak, selasa (14/05/19).

Rencana RPU ini dilandasi oleh cita-cita pemerintah yang ingin agar Kabupaten Luwu bisa Mandiri Pangan. "Jika RPU didirikan di Luwu, maka kita bisa secara mandiri mengolah gabah menjadi beras, jangan lagi petani menanam padi, gabah dijual keluar dan berasnya kita beli kembali," kata Basmin.
Tak hanya bangun RPU, pemerintah juga akan membentuk Brigadir Panen Luwu yang dilengkapi dengan sarana prasarana pertanian. "Brigadir Panen ini nantinya akan diterjunkan ke lokasi-lokasi untuk membantu petani yang siap panen sehingga gabah tidak rusak karena terlambat panen," lanjutnya.

Data dari Dinas Pertanian, mayoritas keluhan masyarakat adalah Curah hujan yang cukup tinggi sehingga mesin panen tidak bisa turun ke sawah akibat tanahnya lembek. "Kami sudah banyak menerima keluhan dari masyarakat terkait keterlambatan masa panen yang disebabkan karena curah hujan sehingga tanah menjadi lembek yang tidak memungkinkan mesin untuk turun ke sawah, kami juga sudah melaporkan ke Bupati untuk menambah mesin Combine mengingat saat ini kita hanya memiliki 12 unit untuk melayani lahan persawahan yang luasnya sekitar 33 ribu Ha," papar Andi Pangeran.(Dian)

Komentar