Peringati Hari Nelayan Nasional, Nelayan Kecamatan Mattiro Sompe Bersihkan Pantai Dari Plastik | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Peringati Hari Nelayan Nasional, Nelayan Kecamatan Mattiro Sompe Bersihkan Pantai Dari Plastik

Sabtu, 06 April 2019 | 21.25 WIB
DHEAN.NEWS PINRANG - Nelayan pesisir pantai Lingkungan, Pallameang, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang menggelar aksi pembersihan pantai dari sampah plastik yang memadati pesisir itu dalam rangka memperingati Hari Nelayang Nasional. Sabtu, (06/04/2019).

Rusliadi, Salah seorang Nelayan Kecamatan Mattiro Sompe mengatakan bahwa, aksi bersih - bersih pantai dari sampah plastik ini, untuk memperingat hari nelayan yang diperingati setiap tanggal 06 April  Sekaligus untuk menjaga kelestarian laut yang merupakan lahan mata pencaharian nelayan.

"Aksi bersih - bersih pantai dari sampah plastik ini, untuk memperingat hari nelayan yang diperingati setiap tanggal 06 April, Sekaligus untuk menjaga kelestarian laut yang merupakan lahan mata pencaharian nelayan." Ucap Rusliadi.

Untuk diketahui, selain pelopor Nelayang di Kecamatan Mattiro Sompe, Rusliadi yang juga merupakan Calon Legislatif Partai Perindo untuk Daerah Pemilihan Kecamatan Mattiro sompe dan Kecamatan Lanrisang kabupaten Pinrang ini menambahkan, langkah ini sebagai upaya menyadarkan masyarakat untuk menjaga laut dan pantai dari sampah sampah yang berbahaya.

Selain membersihkan pantai, kata Rusliadi , juga diberikan penyuluhan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah khususnya sampah plastik di pantai apalagi di laut.

"Kita mengedukasi nelayan, agar mulai saat ini, Nelayan tidak lagi membuang sampah di pantai dan laut." Tegasnya.

Sekertaris Jenderal Perhimpunan Cendikiawan Lingkungan sekaligus Caleg DPR RI Partai Perindo Dapil Sulsel 3, Lukman Budiman Tadjo menyebutkan bahwa, sampah - sampah yang bertebaran di laut berbahaya bagi kesehatan  masyarakat.

"Sampah - sampah Plastik itu sulit terurai, butuh puluhan tahun untuk menghancurkannya." Kata Lukman.

Lanjutnya, jika terurai, leburan sampah Plastik itu juga di makan ikan - ikan di laut , dan ikan - ikan itu kemudian di komsumsi masyarakat.

"Leburan sampah itu dimakan ikan dan Efeknya akan berdampak pada kesehatan masyarakat." Ujarnya.

Olehnya itu, pihaknya meminta masyarakat , untuk bersama menjaga dan melestarikan lingkungan dengan tidak membuang sampah khususnya sampah plastik ke pantai apalagi di laut.

"Mari kita jaga lingkungan dan laut kita untuk anak cucu kita kelak." Tutupnya. (SMpin)

Komentar