Menu Close Menu

Pemkab Takalar Gencar Galakkan Gerakan Pengurangan Penggunaan Plastik

Senin, 01 April 2019 | 21.56 WIB
DHEAN.NEWS TAKALAR - Gerakan pengurangan sampah khususnya sampah plastik serta sedekah sampah plastik digalakkan Pemerintah Kabupaten Takalar melalui apel bersama gerakan pengurangan sampah plastik yang dilaksanakan di Lapangan Makkatang Dg Sibali, Takalar, Senin (1/4/2019) pukul 07.30 Wita. 

Gerakan ini sesuai dengan visi kabupaten Takalar yakni mewujudkan kabupaten yang unggul, sejahtera dan bermartabat serta merupakan misi kabupaten Takalar untuk mewujudkan pembangunan yang ramah lingkungan. 

Bupati Takalar H. Syamsari, S. Pt, MM selaku pimpinan apel menyampaikan, gerakan pengurangan sampah ini juga merupakan langkah untuk mendukung terwujudnya kabupaten sehat serta layak anak, serta merupakan langkah kongkrit yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Takalar untuk meraih Piala Adipura. 

"Hari ini kita tunjukkan tanggung jawab kita bersama untuk hidup lebih bersih, lebih peduli sampah. Ini sesuai dengan misi kita yang tercantum dalam RPJMD yakni mewujudkan pembangunan yang ramah lingkungan. Jika sampah plastik ini kita sedekahkan, maka bukan hanya sampah yang kita kurangi tetapi juga kita bisa menciptakan lingkungan yang layak anak, Ini sekaligus sebagai langkah untuk meraih adipura yang tahun ini telah berhasil kita raih sertifkat adipura," Papar H. Syamsari. 

Gerakan yang berkesinambungan dengan Gerakan Masyarakat Tangkasa Na gammara (Gema Tasamara) ini juga sekaligus memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan mendaur ulang sampah hingga memiliki nilai ekonomis.  H. Syamsari berharap, gerakan pengurangan sampah plastik dan  sedekah plastik ini tidak hanya sekedar slogan dan berhenti pada seremoni tetapi memiliki keberlanjutan. 

"Dengan sedekah ini kita menggugah semangat beragama kita semua sehingga membersihkan lingkungan kita dari sampah plastik terasa nilai ibadahnya dan muncul dari hati sanubari yang paling dalam. Gerakan ini menjadi hidup, dan tidak hanya berhenti pada seremonial tapi ada harapan keberlanjutannya," Jelas Bupati yang berhasil meraih Indonesian Vision Leader bidang Lingkungan Hidup ini. 

Melalui apel gerakan pengurangan sampah ini, lanjut H. Syamsari, merupakan bukti kongkret  seluruh pihak bergandengan tangan untuk mewujudkan kabupaten Takalar yang unggul, Sejahtera, dan bermartabat dengan melaksanakan pembangunan berbasis lingkungan.

Komentar