Menu Close Menu

Pemkab Takalar Gelar Sosialisasi Program Infrastruktur Dak Sanitasi

Selasa, 23 April 2019 | 09.03 WIB
DHEAN.NEWS TAKALAR - Untuk mendukung Pemerintah Daerah dalam mempercepat peningkatan cakupan pelayanan bidang sanitasi yang meliputi sektor air limbah dan persampahan, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Kab. Takalar melalui Bidang Cipta Karya TA. 2019 gelar Sosialisasi Program Infrastruktur Dak Sanitasi yang di buka langsung oleh Kepala Dinas PUPRPKP Kab. Takalar di Aula Pertemun PUPRPKP.

Dalam membuka sosoalisasi tersebut Kepala Dinas PUPRPKP Kab. Takalar Nasruddin. A. ST. M.Si dalam sambutannya menyampaikan diantaranya laju pertumbuhan penduduk di indonesia yang begitu cepat perlu diimbangi dengan peningkatan penyediaan prasarana permukiman yang memadai agar masyarakat indonesia dapat tinggal di permukiman layak huni. 

"Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan bidang air limbah dan persampahan, Kementerian PU telah menuangkan komitmen tersebut kedalam Rencana Strategi (Renstra)  yaitu sektor air limbah meliputi stop buang air besar sembarangan, perluasan layanan air limbah melalui sistem terpusat dan peningkatan layanan air limbah setempat sedangkan sektor persampahan meliputi Penerapan Praktek 3R dan peningkatan sistem Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) sampah menjadi sanitary landfill" jelas Kadis PU.

Sementara itu, Laporan Ketua panitia oleh kepala Bidang Cipta Karya Rangka, S.Sp dalam laporannya melaporkan kegiatan ini berlangsung sehari (22/4/2019) dengan jumlah peserta + 110 orang terdiri dari para Kepala SKPD yang terkait dengan sanitasi kesehatan, para Camat dan Kades/Lurah se-Kab. Takalar 

Dilaporkan pula tujuan sosialisasi ini meningkatkan kinerja prasarana dan sarana bidang Infrastruktur serta meningkatkan cakupan pelayanan sanitasi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dalam rangka menuju 100% akses senitasi tahun 2019. adapun pemateri adalah tenaga ahli air limbah sanitasi dan tempat pengelolaan Sampah Nuzmiyah Shaleh, ST dan Pestawaty, SP dengan materi yaitu Pelaksanaan DAK Infrastruktur Bidang Sanitasi dan penanganan/pengelolaan sampah dengan baik.

Komentar