Kapolres Gowa : Tanggung Jawab Kita Sama, Dalam Mengamankan Pemilu | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Kapolres Gowa : Tanggung Jawab Kita Sama, Dalam Mengamankan Pemilu

Sabtu, 06 April 2019 | 20.40 WIB
DHEAN.NEWS GOWA - Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga, SIK., MSi menyampaikan bahwa anggota Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) bersama Polres Gowa dan Kodim 1409 Gowa memiliki tanggung jawab yang sama dalam mengamanakan Pemilu pada Rabu 17 April mendatang.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kapolres dalam sambutannya saat mengukuhkan 1.500 anggota FKPM dari setiap kecamatan di wilayah Kabupaten Gowa, Sabtu (06/04) siang.

“FKPM diharapkan dapat ikut berpartisipasi memberikan energinya dalam mengamankan Pemilu mendatang, yakni pada saat pemungutan suara hingga proses rekapitulasi suara,” terang Shinto Silitonga.

Lebih lanjut, Kapolres pun mengharapkan para anggota FKPM dapat menjadi penggerak bagi masyarakat yang berada di wilayahnya, khususnya yang berada di sekitar TPS maupun kantor PPK di wilayah masing-masing untuk senantiasa bertanggung jawab dalam mengamankan Pemilu sehingga dapat terselenggara dengan aman, damai, dan sejuk.

Orang nomor satu di jajaran Polres Gowa itu pun memaparkan langsung perihal TPS di Kabupaten Gowa yang kini bertambah jumlahnya, begitupun dengan jumlah personilnya yang dilibatkan dalam pengamanan. 

“Jumlah TPS di Gowa sebanyak 2.146 dengan jumlah DPT sebanyak 529.870 orang, sementara pelibatan kepolisian hanya 982 orang, sehingga kali ini Polres Gowa menerapkan pola pengamanan 2:5, yakni 2 polisi akan mengamankan 5 TPS. Untuk itu, kami harap bapak-bapak dan ibu-ibu yang menyatakan dirinya sebagai bagian dari FKPM, agar dapat bersama-sama bahu membahu melakukan pengamanan rangkaian penyelenggaraan Pemilu,” jelas Akbp Shinto Silitonga.

Kapolres pun tak luput menegaskan bahwa pihaknya bersama Bawaslu juga tidak akan mentolerir setiap kecurangan yang terjadi dalam Pemilu, baik yang terjadi di TPS ataupun tempat lainnya, termasuk kecurangan dalam bentuk Money Politic.

“Kepanjangan tangan Polisi adalah FKPM. Maka, laporkan setiap informasi ke kami apabila menemukan kecurangan dalam Pemilu baik di TPS maupun Money Politic. Jangan cemari pesta demokrasi dengan hal-hal yang merendahkan martabat demokrasi itu sendiri,” tegas Shinto Silitonga menutup sambutannya.

Komentar