Menu Close Menu

Animasi dan Tarian Indonesia Meriahkan Sfax Children Book Fair

Selasa, 02 April 2019 | 16.33 WIB

DHEAN.NEWS Sfax, Tunisia - KBRI Tunis yang diwakili Tim Tari dan Pencak Silat serta animator telah berpartisipasi pada Sfax Children Book Fair ke-26 yang diselenggarakan di Foire Internationale de Sfax, kota Sfax pada 27-28 Maret 2019. Animator Indonesia, Sdr. Wahyu Aditya diundang KBRI Tunis untuk menyukseskan pameran buku anak-anak di stand Indonesia dan para penari serta pesilat menampilkan tarian dan pencak  silat di panggung  yang terletak diluar Gedung pameran. Partisipasi Indonesia pada acara tersebut diliput oleh media Tunisia antara lain: televisi National Wathaniyah 1, beberapa stasiun radio di Tunisia (Radio Sfax FM, Panorama Fm dan media online www.babnet.net, www.journalistesfaxien.tn dan http://newspresse.tn).

Animator Indonesia, Wahyu Aditya menyelenggarakan  workshop singkat pembuatan gambar animasi, kartun dengan berbagai karakter dari Indonesia. Workshop animasi tersebut  mendapat sambutan sangat baik dari anak-anak pengunjung pameran. Workshop dilaksanakan beberapa kali dan selalu penuh   diisi oleh anak-anak yang ingin belajar menggambar dan membuat animasi singkat. Animator juga memberi hadiah buku dan stiker yang menarik kepada para peserta. Selain itu, animator juga memberikan tips and tricks singkat tentang pembuatan film animasi bagi pemula. Stand Indonesia juga memamerkan kerajinan tangan, aneka permainan anak-anak dari Indonesia sehingga pengunjung dapat mengenal jenis, cara dan berbagai macam mainan anak- anak Indonesia.

Penampilan tarian Indonesia dan pencak silat tidak kalah meriah yang dilaksanakan dua kali pada Rabu, 27 Maret 2019 sore hari dan pada Kamis, 28 Maret 2019 pada siang hari. Beberapa tarian yang ditampilkan antara lain: tari Payung, tari Lenggang Nyai, tari Kinang Kilaras, Maumere dan pertunjukan Pencak Silat Indonesia yang mendapat sambutan meriah dari para pengunjung. Antusiasme anak-anak juga terlihat dari banyaknya anak-anak yang minta berfoto Bersama dan mengikuti gerakan tarian-tarian Indonesia yang dipentaskan.

Sfax Children Book Fair ke-26 ini diikuti oleh beberapa negara antara lain: Tunisia, Aljazair, Maroko, Mesir, Palestina, Yordania, Perancis, Suriah dan Indonesia. Pameran buku anak-anak ini merupakan kegiatan pameran buku anak yang diselenggarakan oleh Asosiasi Buku Anak-Anak di Sfax (Association du Salon du Livre pour Enfants de Sfax) di kota Sfax, Tunisia. Terdapat juga beberapa kegiatan tambahan/side events antara lain storytelling untuk anak; lomba membaca puisi; lomba menulis cerita; lomba menggambar untuk usia balita; pameran foto; acara donasi buku untuk daerah terpencil di Tunisia; workshop dan pertunjukan seni budaya lainnya.


Komentar