Hadiri Rakornas BPKP, Menkominfo : Pentingnya E-Budgeting | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Hadiri Rakornas BPKP, Menkominfo : Pentingnya E-Budgeting

Kamis, 21 Maret 2019 | 20.45 WIB
DHEAN.NEWS JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menekankan ihwal capacity building Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), khususnya dalam mengawal akuntabilitas keuangan dan pembangunan yang berkualitas. Penguatan itu, menurutnya dibutuhkan seluruh aparat dari pemerintah pusat maupun daerah yang mencakup provinsi, kota dan kabupaten.

“Sistem dan sumber daya manusia harus sejalan, tidak bisa sistemnya jalan lebih cepat tapi capacity building terhadap aparat tidak lebih cepat. Tidak bisa juga capacity building-nya berjalan terus menerus tapi sistemnya juga tidak, jadi disesuaikan," ujar Rudiantara dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) terkait Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2019, di Jakarta, Kamis, (21/03/2019).

Menurut Rudiantara, berdasar hasil laporan BPKP baik pusat maupun daerah menunjukan kualitas pengelolaan keuangan yang mengalami peningkatan. Sebab, berdasarkan data dari BPKP, untuk pertama kalinya dalam sejarah Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) tahun buku 2017 memperoleh opini Wajar  Tanpa Pengecualian (WTP). 

Seiring berkembangnya teknologi komunikasi, kata dia, e-budgeting merupakan salah satu prioritas pemerintah dalam memfungsikan e-government. Dari sisi manajerial, e-budgeting tidak bisa berjalan sendiri, karena harus sejalan dengan kontroling, sebab ada planning maka ada kontrol. 

“Kalau tidak ada kontrol bisa repot kita, planning tinggal planning tidak ada perubahan. Nah dalam konteks ini katakanlah kita akan menerapkan keuangan desa yang paling mendasar sampai kita naik ke tingkat yang paling atas, perubahan yang terjadi sebetulnya harus kita lakukan baik segi sistem maupun APIP-nya,” papar Rudiantara.

Kepada 1.200 peserta acara yang diselenggarakan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) itu, Menteri Rudiantara mengatakan, dari sisi sistem yang telah dilakukan dari keuangan desa tapi sifatnya monitoring, belum seluruhnya berbasis online. Alasannya karena belum terjangkau internet.  

Oleh karena itu, Pemerintah berpikir untuk terus melakukan akselerasi dengan menghadirkan infrastruktur yang berkelanjutan. Salah satunya adalah Palapa Ring.

Rakornas BPKP tahun 2019 ini ini dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla yang diawali dengan arahan selaku Keynote Speech. Turut hadir Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkeu Sri Mulyani, Menpan RB Syafrudin, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brojonegoro yang masing-masing memberikan arahan pada Rakornas tersebut. 

Komentar