Menu Close Menu

Kembali, Gerbong Kereta Pabrikan Indonesia Dikirim ke Bangladesh

Senin, 21 Januari 2019 | 16.57 WIB
DHEAN.NEWS SURABAYA - Sebanyak 15 buah kereta buatan PT. INKA Madiun dikirim ke Bangladesh, Minggu (20/1). Pengiriman ini merupakan tahap pertama dari total pesanan 250 unit yang diperoleh melalui proses tender bernilai USD 100,89 juta di tahun 2017 lalu. "Suatu kebanggaan bagi kita bahwa PT INKA mampu menghasilkan produk yang kompetitif dan bisa menang bersaing di pasar internasional," ujar Menteri Peridustrian, Airlangga Hartarto, pada acara pelepasan pengiriman gerbong kereta di pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Pada kesempatan yang sama, Dubes RI Dhaka, Rina Soemarno, juga menyampaikan, "Pengiriman ini adalah bagian dari keberhasilan diplomasi ekonomi RI di Bangladesh." Total sebanyak 450 buah gerbong kereta senilai lebih dari USD 187 juta telah dipesan oleh Bangladesh sejak 2006.

Keberhasilan PT. INKA tidak lepas dari dukungan Presiden Joko Widodo yang menyampaikan secara langsung minat sejumlah BUMN Indonesia untuk masuk pasar Bangladesh, kepada PM Sheikh Hasina dalam berbagai kesempatan.

Penjualan gerbong kereta produksi Indonesia adalah salah satu contoh sukses pemanfaatan peluang ekonomi di pasar non-tradisional. Dengan perkembangan bisnisnya saat ini, PT. INKA tengah meningkatkan kapasitas produksinya dengan pembangunan pabrik di Banyuwangi yang diperkirakan akan menyerap sekitar 3000 tenaga kerja baru pada 2020.

Ke depannya, Indonesia akan terus mengembangkan potensi pasar non-tradisional di wilayah Asia Selatan dan Afrika untuk pengembangan ekspor industri strategis nasional.

Acara pelepasan dilakukan secara resmi oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, dengan dihadiri oleh Dubes RI Bangladesh, Dirut PT. INKA, Dir. Eksekutif Bank Exim, Direktur PT. PAL, Direktur PT. Barata, perwakilan Kemendag, Kemlu, Kemenhub, dan BUMN se-Jawa Timur. 

Komentar