Gerakan Siber Kreasi Besutan Kominfo Telah Menjangkau 350 Lokasi | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Gerakan Siber Kreasi Besutan Kominfo Telah Menjangkau 350 Lokasi

Jumat, 18 Januari 2019 | 12.18 WIB
DHEAN.NEWS JAKARTA - Upaya pemberdayaan masyarakat dalam menghadapi tantangan era digital terus dilakukan sebagai komitmen Pemerintah meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satu upaya yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informatika adalah literasi digital melalui Gerakan Siber Kreasi.

Menteri Kominfo Rudiantara menyampaikan pencapaian Program Gerakan Siber Kreasi pada Rapat Kerja Kemkominfo bersama Komisi I DPR RI di Gedung Nusantara II, Rabu (16/1/2019). Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun 2018 antusias masyarakat mengikuti kegiatan Siber Kreasi cenderung lebih meningkat.

“Literasi digital yang kita lakukan salah satunya melalui gerakan Siber Kreasi, kurang lebih ada 350 lokasi yang sudah dijangkau oleh program literasi digital selama tahun 2018, juga masyarakat yang terlibat sekitar 125 ribu peserta aktif lokakarya siber kreasi,” kata Menteri Rudiantara

Pencapaian lain yang dihasilkan Siber Kreasi pada tahun 2018 adalah dengan bertambahnya berbagai mitra yang tergabung melingkupi lembaga-lembaga pemerintahan maupun swasta, juga melibatkan beberapa artis papan atas. 

“Siber Kreasi ini sudah seperti bola salju, karena pada tahun sebelumnya hanya sekitar 20 mitra yang bergabung, sekarang sudah bertambah menjadi 96 mitra yang melibatkan beberapa kementerian, korporasi, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat hingga para artis,” ujar Menteri Rudiantara

Puncak dari program Siber Kreasi Netizen Fair tahun 2018 diselenggarakan pada tanggal 24 November 2018, selama program ini diselenggarakan, Siber Kreasi banyak menggelar beragam kompetisi konten positif dengan mengangkat tema Make Indonesia Fun Again! Dan tagar utama #jempolpositif sebagai simbol untuk menyebarkan konten-konten positif di media sosial. 

Dari data yang dihimpun Kemkominfo, total konten negatif selama tahun 2018 sudah mendekati 1 juta, ada 984 ribu situs yang memuat konten negatif, sementara untuk media sosial yang paling mendominasi adalah Twitter sekitar 531 ribu konten, Facebook 11,700 dan Youtube ada sekitar 3,300 konten.

Pencapaian Kementerian Kominfo dalam meningkatkan budaya literasi melalui teknologi digital ini, juga mendapatkan apresiasi dari Komisi I DPR RI dengan harapan masyarakat harus mendapatkan fasilitas melalui program-program yang telah dijalankan Kemkominfo selama tahun 2018. **

Komentar