Menu Close Menu

Sambut Tim Akreditasi, Bupati Harap RSUD Padjonga Raih Paripurna

Rabu, 12 Desember 2018 | 22.14 WIB
DHEAN.NEWS TAKALAR - Setelah hampir 10 tahun fakum, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Padjonga Dg Ngalle kembali mengikuti proses akreditasi rumah sakit yang dilakukan oleh Komisi Akreditasi Rumah sakit akreditasi Standar Nasional Akreditasi  Rumah Sakit (SNARS). 

Survey yang rencananya akan berlangsung hingga empat hari kedepan ini, dilakukan langsung oleh Ketua Komisi SNARS dr. Daniel Malik Hadibrata, SP.PK.MM. 

Untuk hari pertama berlangsung hari ini, Rabu (12/12/2018) yang diawali dengan penyambutan tim akreditasi oleh Pemerintah kabupaten Takalar. Dalam hal ini Bupati Takalar H. Syamsari, S. Pt, MM, dan Wakil Bupati Takalar Achmad Daeng Se're, S.Sos langsung menyambut dr. Daniel Malik Hadibrata bersama sejumlah tim survey lainnya yang berlangsung di Aula RSUD Padjonga Dg Ngalle. 

Bupati Takalar H. Syamsari berharap kedepan dengan pencapaian akreditasi ini dapat menjadi rujukan warga di Takalar maupun diluar Takalar untuk berobat. 

"Kita berharap bahwa rumah sakit kita ini merupakan bagian dari rumah sakit yang bisa diakses bukan hanya masyarakat Takalar tetapi juga masyarakat dari luar Takalar. Karena kalau standarnya sudah bagus, orang akan berharap bahwa kita akan dilayani dengan benar. Jadi ini kita masuk ke lingkungan global, maka dari itu kita harus sesuai dengan standarnya," Jelas H. Syamsari.

Lebih lanjut, H. Syamsari menjelaskan bahwa pemerintah kabupaten Takalar lebih menekankan pada pencegahan terhadap masyarakat. Salah satu implementasinya yakni dengan membentuk kader kesehatan disetiap desa. 

"Kita siapkan rumah sakit ini, betul sebagai tempat pengobatan, tetapi kita lebih tekankan pada pencegahan. Maka dari itu kita bentuk mlai dari desa itu kader kesehatan untuk dan pencegahan penyakit. Terkahir, harapan kita semoga standar nilai yang dapat dicapai dalam akreditasi ini bisa memperoleh nilai paripurna," Tutupnya. 

Sementara itu Direktur RS H. Padjonga Dg. Ngalle Takalar Darwis,S.Pt.M.Kes menjelaskan bahwa akreditasi ini merupakan penilaian akreditasi setelah hampir sepuluh tahun mendapat nilai akreditasi. Meski pada tahun 2008 mendapat nilai bintang satu, Darwis berharap dapat meraih nilai paripurna pada akreditasi kali ini. 

"Terkahir memperoleh akreditasi dengan satu bintang itu tahun 2008, dan baru sekarang akan mengikuti lagi akreditasi. Target kedepannya kita bisa raih paripurna. Dengan akreditasi ini kita akan memperbaiki layanan kesehatan secara menyeluruh," Jelasnya. 

Dalam survey ini yang dinilai adalah dari segi Manajemen, pelayanan medik dan pelayanan keperawatan dengan tujuan. Untuk memberikan rasa aman kepada pasien, petugas dan lingkungan. 

Ketua DPRD Takalar H. M. Jabir Bonto,SE.MM, para Anggota Forkopimda, para pimpinan OPD, kepala BPJS Kab. Takalar serta para dokter di RSUD H. Padjonga Dg. Ngalle juga turut hadir dalam penyambutan tim survey tersebut.

Komentar