Menu Close Menu

Museum Hidup Polrestabes Surabaya Jadi Favorit Kunjungan Wisata Sejarah

Selasa, 09 Oktober 2018 | 15.40 WIB
DHEAN.NEWS SURABAYA - Satbinmas Polrestabes Surabaya Mendampingi Kunjungan dari SDK St. Aloysius Jl. Gatotan ke Museum Hidup Hoofdbureau Polrestabes Surabaya, Selasa (09/10/18) . 

Kegiatan Dilaksanakan Dalam Rangka Kegiatan Out School yang dilaksanakan Setiap Tahun dan Diikuti oleh Siswa-siswi Kelas III dan IV SD yang terdiri dari 60 Siswa. Anastasya, Wali Kelas IV SDK St. Aloysius menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun dengan mengajak para siswa untuk belajar di luar lingkungan sekolah.

Aiptu Yulis bersama Aipta Ina dan Bripda Nimas dari Sat Binmas Polrestabes Surabaya menjelaskan kepada para siswa bahwa Gedung Utama Polrestabes Surabaya ini merupakan salah satu Cagar Budaya yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Selain itu Gedung yang difungsikan sebagai Museum Hidup ini juga digunakan oleh Kapolrestabes Surabaya dan sejumlah Pejabat Utama untuk bekerja. 
"Tugas kami disini adalah untuk memberikan penjelasan kepada para pengunjung Museum Hidup terkait tugas-tugas Kepolisian dan Isi benda-benda bersejarah yang ada di dalamnya," tutur Aiptu Yulis.

Selain memperkenalkan Bangunan Cagar Budaya, Aiptu Yulis juga mengajak para Siswa untuk mengenal tugas-tugas Kepolisian dengan melihat-lihat Kendaraan Operasional yang dimiliki Polrestabes Surabaya. Disamping itu para Siswa juga dikenalkan dengan Unit Satwa K-9 dari Sat Sabhara Polrestabes Surabaya yang tugasnya adalah membantu Kepolisian dalam bidang pelacakan. 
Menutup kunjungan di Polrestabes Surabaya para siswa diajak masuk ke Museum Hidup Hoofdbureau yang menyimpan sejumlah barang peninggalan sejarah seperti Baju Kebesaran Kepolisian, Alat Perekam Suara, Senjata Api dan Kamera yang tersimpan rapi hingga saat ini. Sebelum meninggalkan Museum Hidup, Para Siswa dan Guru Pendamping dari SDK St. Aloysius menyempatkan diri berfoto bersama di Halaman Depan Mapolrestabes Surabaya.

"Kami menyampaikan banyak terima kasih kepada Bapak dan Ibu Polisi dari Polrestabes Surabaya yang telah mendampingi dan menjelaskan kepada Kami terkait Tugas-tugas Polisi dan Museum Hidup yang ada disini. Semoga Keberadaan Museum Hidup ini tetap terjaga dan terus ada sebagai pembelajaran kepada para Siswa tentang Sejarah Perjuangan dan Pembentukan Polisi dari Masa Ke Masa," ujar Anastasya, Wali Kelas IV SDK St. Aloysius Surabaya.***day

Komentar