Menu Close Menu

Kunjungan PP Muhammadiyah ke KLHK Perkuat Kerjasama Percepatan Perhutanan Sosial

Minggu, 07 Oktober 2018 | 16.34 WIB
DHEAN.NEWS JAKARTA - Menteri LHK, Siti Nurbaya menerima kunjungan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah di Manggala Wanabakti, Jakarta (4/10/2018). Pertemuan ini menindaklanjuti kerjasama antara KLHK dan Muhammadiyah yang telah disepakati terdahulu.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti melaporkan kepada Menteri LHK tentang kemajuan dan hambatan yang terjadi di lapangan. Menurutnya, yang telah berjalan dengan baik saat ini adalah kerjasama pada bidang pengelolaan sampah, dalam hal ini didukung oleh Direktorat Pengelolaan Sampah pada Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah dan B3, KLHK.

Kegiatan lain yang dilakukan Muhammadiyah adalah terkait program strategis Perhutanan Sosial. Saat ini, yang mungkin segera direalisasikan adalah pendampingan masyarakat untuk mendapatkan hak kelola di bekas area konsesi sebuah perusahaan di Jambi.

Secara Khusus, Menteri Siti mendukung PP Muhammadiyah yang turut membantu percepatan program Perhutanan Sosial di Provinsi Jambi. Pada pertemuan siang itu, Menteri Siti memberikan contoh pola-pola kegiatan Perhutanan Sosial.

Menteri Siti mencontohkan pola pendampingan langsung kepada masyarakat untuk mendapatkan hak kelola kawasan hutan. Pola lain yang dicontohkan adalah pola kegiatan produksi dan jasa lingkungan ekowisata melalui koperasi milik PP Muhammadiyah.

Selain di Jambi, KLHK dan Muhammadiyah juga bekerja sama dalam pendampingan masyarakat untuk Perhutanan Sosial di Muara Gembong, Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Meski masih dalam tahap survey oleh kedua belah pihak, diyakini tidak lama lagi akan berjalan kegiatan di lokasi tersebut dengan melibatkan salah satu perbankan milik negara sebagai pemberi Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Pada pertemuan tersebut Mu'ti juga meminta arahan dari Menteri LHK terkait Kawasan Hutan dengan Tujuan Khusus (KHDTK) untuk pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang. Selain itu, PP Muhammadiyah juga tengah membangun kampus baru yaitu Universitas Muhammadiyah Bandung. Hingga saat ini PP Muhammadiyah telah memiliki 174 Perguruan Tinggi di Indonesia.

PP Muhammadiyah juga melaporkan bahwa saat ini akan menjajaki kemungkinan untuk membantu pemerintah dalam hal ekowisata. Mu'ti mengatakan pihaknya akan membeli sebuah kapal wisata untuk mengakomodasi wisatawan yang akan berkunjung ke Taman Nasional Karimun Jawa di Jepara, Jawa Tengah.

Menyadur arahan Presiden Joko Widodo, Menteri LHK mengatakan kepada tamu yang hadir bahwa rakyat-rakyat dan organisasi kemasyarakatan seperti Muhammadiyah harus ditolong. Ditolong maksudnya adalah mendukung mereka dalam pengelolaan lingkungan dan kehutanan ke arah yang lebih baik.

"Perintah presiden, tolong rakyatnya dan organisasi-organisasi.", ujar Menteri Siti.(*)

Komentar