Menu Close Menu

Ini Pesan Bupati Takalar Pada Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda

Senin, 29 Oktober 2018 | 21.03 WIB
DHEAN.NEWS TAKALAR - Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90 di Lapangan Upacara Kantor Bupati Takalar, Senin (28/10/2018) berlangsung hikmat. Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt.,MM yang menjadi Inspektur upacara mengatakan, seluruh masyarakat berhutang budi kepada para Tokoh Pemuda Tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda. Sehingga, menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran bangsa Indonesia.

"Ini juga komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini," kata H. Syamsari.

Menurutnya, komitmen kebangsaan ini harus diteladani untuk membangun bangsa dan mempersatukan bangsa Indonesia. Hari Sumpah Pemuda tahun ini mengambil tema "Bangun Pemuda, Satukan Indonesia". Tema ini diambil atas dasar pentingnya kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertaqwa pada Tuhan, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, berkebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam kerangka RI.
Pesatnya perkembangan teknologi informasi, disampaikan oleh H. Syamsari ibarat dua mata pisau. Satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi, sehingga memungkinkan para pemuda meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam peningkatan sumber daya serta daya saing. 

"Namun pada posisi lain, perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoaks, hate speech (ujaran kebencian), pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudah," sebutnya.

Hal-hal tersebut akan masuk dengan mudah, jika kaum muda tidak membendung dengan ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara. Gerakan Revolusi Mental yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi dinilai amat relevan mewujudkan pemuda yang maju. Dengan ciri, pemuda berkarakter, berkapasitas, dan berdaya saing.

"Revolusi Mental menjadi pemicu terwujudnya pemuda yang maju dengan mewujudkan pemuda yang maju dapat menghasilkan bangsa yang hebat," ujarnya.

Upacara tersebut turut dihadiri  Wakil Bupati Takalar H. Achmad Dg.Se're,S.Sos,  Ketua DPRD Kab. Takalar H. M. Jabir Bonto,SE.MM, Anggota Forkopimda, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Setda, para kepala OPD se Kabupten Takalar, Ketua Dewan Pendidikan, Kepala Kantor Departemen/Non Departemen se Kab. Takalar, Kepala BUMN/BUMD se Kab. Takalar, para Kabag Setda, dan para Camat se Kab. Takalar.

Upacara dirangkaikan dengan penyerahan piala Lomba Kegiatan baris berbaris yang diserahkan oleh Bupati Takalar, Wakil Bupati Takalar serta para Anggota Forkopimda kepada para pemenang lomba dari tingkat SMP yang diraih oleh SMPN 1 Marbo sebagai juara I,  SMPN 2 Takalar Juara II dan SMPN 1 Takalar Juara III. Sedangkan dari tingkat SMA, juara I diraih oleh SMAN 1 Takalar, juara II oleh SMAN 3 Takalar dan juara III diraih oleh SMAN 2 Takalar.

Komentar