Bupati Pinrang Lepas Relawan dan Bantuan Kemanusiaan ke Palu dan Donggala | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Bupati Pinrang Lepas Relawan dan Bantuan Kemanusiaan ke Palu dan Donggala

Selasa, 02 Oktober 2018 | 18.56 WIB
DHEAN.NEWS PINRANG – Bupati Pinrang Aslam Patonangi secara resmi melepas rombongan relawan kemanusiaan untuk membantu para Korban dampak bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Kabupaten Donggala dan Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Selasa, 02 Oktober 2018.

Aslam yang ditemui seusai melepas para relawan mengungkapkan bahwa, para korban yang terdampak bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Donggala dan Palu membutuhkan beberapa hal yang sangat vital, diantaranya adalah air bersih, makanan, perlengkapan bayi dan obat – obatan.
"Pemberangkatan dan Pengiriman bantuan ini berdasarkan hasil rapat kemarin (01/10/2018), dan kurang lebih satu minggu misi kita jalan untuk menolong korban bencana alam yang terjadi di palu dan donggala maka dikirim tenaga trampil untuk membantu rekan kita disana, dan kalau bisa yang lama disana bisa kembali dan diaplos personil yang baru." Ungkap Aslam.

Aslam melanjutkan bahwa bantuan yang dikirim dalam bentuk makanan dibagi dalam 2 jenis, yakni makanan instan dan dalam bentuk makanan siap saji, dengan diberangkatkannya sebuah mobil dapur umum yang siap menyajikan makanan bagi para pengungsi dan korban bencana di pengungsian.

"Banyak sekali bantuan yang masuk, tapi siapa yang masak..?, untuk itu harus mendirikan posko dapur dan posko kesehatan, dan setelah sampai disana di tempat tujuan selalu berkoordinasi dengan posko-posko induk maupun posko keamanan," Kata Aslam
Selain itu, Pemerintah Kabupaten Pinrang juga memberangkatkan 10 orang tenaga medis yang terbagi dalam 5 Dokter ahli dan 5 paramedis ahli yang siap merawat para korban luka.

Aslam melanjutkan, bantuan berupa pakaian layak pakai juga diberangkatkan yang merupakan hasil sumbangan para dermawan dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Pinrang.

Terkait masalah komunikasi seluler yang belum stabil, Pemerintah Kabupaten Pinrang juga memberangkatkan beberapa anggota Radio Antar Penduduk (RAPI) untuk kelancaran arus komunikasi melalui Radio Amatir.

Pemerintah Kabupaten Pinrang sehari pasca gempa telah memberangkatkan satu rombongan relawan tenaga medis yang telah memberikan pelayanan setibanya di Palu dan Donggala, dan pemberangkatan ini adalah rombongan kedua yang terdiri dari 9 truk berisi bantuan, 1 mobil dapur umum dan sejumlah minibus yang mengangkut para relawan. 

"Sebelum berangkat diatur kendaraanya jangan ngebut atau menyalip, jaga Faktor keamanan." Imbuhnya. (Rls/SMpin)

Komentar