Siap Amankan Pemilu 2019, Polres Gowa Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2018 | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Siap Amankan Pemilu 2019, Polres Gowa Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2018

Rabu, 19 September 2018 | 17.23 WIB

DHEAN.NEWS GOWA - Bertempat di pelataran Museum Balla Lompoa, pada Rabu (19/09/2018) pukul 08.30 wita Polres Gowa melaksanakan Apel Gelar Pasukan Kepolisian Terpusat Mantap Brata 2018 dalam rangka pengamanan penyelenggaraan Pemilu 2019.

Adapun Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga, SIK., MSi bertindak langsung selaku Inspektur Apel yang turut dihadiri Bupati Gowa Adnan Purichta IYL, Dandim Gowa Letkol Arh Nur Subekhi, Kajari Sungguminasa Bpk. Susanto, Ketua Pengadilan Sungguminasa Bpk. Djamaluddin, Ketua KPU Gowa Bpk. Mukhtar Muis, Ketua Bawaslu Bpk. Syamsuar Saleh, Para Ketua Parpol Lingkup Kab. Gowa, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Masyarakat.

Apel gelar pasukan ini diikuti oleh sejumlah barisan pasukan yang terdiri dari gabungan personil Polres Gowa, personil Kodim 1409 Gowa, Dishub Gowa, Satpol PP, dan stakeholders terkait.


Dalam sambutannya membacakan amanat serentak dari Kapolri, Kapolres Gowa menuturkan bahwa apel gelar pasukan tersebut bertujuan untuk mengecek kesiapan personil, sarana, dan prasarana sebelum diterjunkan untuk melaksanakan pengamanan.

Operasi kepolisian terpusat dengan sandi Mantap Brata 2018 ini akan dilaksanakan selama 397 hari, terhitung sejak tanggal 20 September 2018 hingga 21 Oktober 2019 mendatang serentak di seluruh wilayah Indonesia, yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, dan didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum, kuratif, serta rehabilitasi melalui penggelaran fungsi-fungsi kepolisian dalam bentuk Satuan Tugas Tingkat Pusat, Tingkat Daerah, dan Tingkat Polres.

“Polri berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 agar dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai,” tegas Akbp Shinto Silitonga.

Berbagai potensi kerawanan pun telah dipetakan untuk dilakukan upaya penanganan secara profesional dan berkelanjutan. “Keberhasilan Polri, TNI, dan seluruh elemen dalam pengamanan Pemilu tahun 2014, serta Pilkada Serentak tahun 2015, 2017, dan 2018, menjadi salah satu referensi penting dalam pengamanan Pemilu tahun 2019,” tambah Shinto Silitonga.

Kapolres Gowa juga menuturkan beberapa penekanan dari Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian agar dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh pihak yang pada intinya mengajak TNI Polri dan stakeholders terkait agar dapat memperkuat soliditas dan sinergitas dalam mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, lancar dan damai.

Pelaksanaan kegiatan Apel pun ditutup dengan teriakan “Pemilu 2019 aman, damai, dan sejuk” oleh para peserta Apel. 

Komentar