Menu Close Menu

Presiden Jokowi Tinjau Langsung Keadaan di Palu

Minggu, 30 September 2018 | 21.17 WIB
DHEAN.NEWS PALU - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Palu, Sulawesi Tengah. Jokowi akan meninjau situasi pascagempa bermagnitudo 7,4 ini.

Jokowi tiba di Bandara Sis Al-Jufri, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9/2018) pukul 13.14 WITA. Jokowi mengenakan jaket loreng hijau-hitam TNI.

Setibanya di lokasi, Jokowi berbincang dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menko Polhukam Wiranto. Jokowi menanyakan situasi di Palu akibat gempa.

Nantinya, Jokowi dan rombongan akan meninjau beberapa lokasi terdampak gempa seperti Pantai Talise, Perumahan Balaroa, dan Rumah Sakit Wira Buana. Jokowi rencananya akan balik ke Jakarta malam ini.

"Presiden akan memberikan arahan terkait prioritas yang harus dilakukan, serta keputusan yang diperlukan terkait dengan dampak bencana di lapangan. Fokus utama saat ini adalah evakuasi korban dan juga pengiriman bantuan," ucap Mensesneg Pratikno dalam keterangan tertulis dari Sekretariat Presiden.

Sebelumnya, gempa bermagnitudo 7,4 mengguncang Palu pada Jumat (28/9) sore. Gempa memicu gelombang tsunami hingga 5 meter. Kemudian, gempa di Sigi terjadi Sabtu (29/9). Hingga Minggu (30/9) pagi korban yang tercatat di Palu berdasarkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terdiri dari 405 korban tewas dan 540 orang mengalami luka-luka. Sementara itu data dari BNPB, korban jiwa berjumlah 384 jiwa.

Komentar