Menu Close Menu

Percepat Pengiriman Informasi, Kominfo Berangkatkan Tim Dukungan Komunikasi ke Sulteng

Sabtu, 29 September 2018 | 22.30 WIB
DHEAN.NEWS JAKARTA - Tim Penanganan Bencana Gempabumi Sulawesi Tengah di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM  telah berangkat menuju Palu dengan menggunakan Pesawat Hercules dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (29/09/2018) pagi. 

Rombongan yang terdiri dari personel Badan SAR Nasional, Badan Nasional Penanganan Bencana, Kementerian Sosial, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan jurnalis itu berangkat pukul 7:00 WIB.

Tim dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo membawa 30 unit telepon satelit yang akan digunakan untuk mendukung komunikasi bagi petugas Posko Penanganan Bencana selama masa tanggap darurat pasca gempa. Tim BAKTI Kominfo akan bergabung bersama 25 orang Tim Kominfo Palu dari Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Palu, Sulawesi Tengah. 
Menteri Kominfo Rudiantara menyemangati tim yang akan bertugas sebelum berangkat melalui pesan pribadi.  "Selamat bertugas, semoga lancar," katanya.

Dari laporan Balmon SFR Kelas II Palu, hingga pukul 05.00 WIB pagi tadi, lebih dari 500 base station (BTS) telelomunikasi seluler tidak bisa berfungsi karena terhentinya pasokan listrik dari PLN.

Kementerian Kominfo akan segera mempersiapkan perangkat VSAT untuk akses internet guna mendukung pengiriman informasi dan data penanganan bencana. 

Kementerian Kominfo juga mengimbau masyarakat Sulawesi Tengah dan sekitarnya untuk tetap tenang dan waspada. Dan mengimbau seluruh pengguna internet untuk tidak menyebarluaskan informasi hoaks atau tidak bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya berkaitan dengan bencana gempabumi di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.


Komentar