Menu Close Menu

Kronoligis Kebakaran KM Jabal Rahma di Pelabuhan Rauf Rahman Benteng Selayar

Sabtu, 01 September 2018 | 21.48 WIB

DHEAN.NEWS SELAYAR - Pada hari Sabtu tanggal 01 September 2018 sekitar pukul 17.30 wita di pelabuhan Rauf Rahman Benteng Kab. Kep. Selayar terjadi kebakaran kapal JABAL RAHMA 02  Jalur  Benteng - Bonerate yang sementara bersandar di pelabuhan. Dari keterangan Nakhoda kapal lelaki MUHLIS bahwa api bermula saat mesin Kapal akan distarter tiba tiba suara ledakan dari aki dan muncul asap hitam dan seketika api membesar pada anjungan Kapal yang kemudian menghanguskan seluruh kapal.

Kebakaran  mengakibatkan  Api dan asap yang cukup  besar  karena  memuat  BBM  dan  bahan  kebutuhan  Pokok.  Tiga  pemadam diturunkan untuk  melakukan  pemadaman.  Api  baru  dapat dikuasai  sekitar  Pkl 19.00 wita  dan dapat dipadamkan sekitar Pkl  19.20 wita

Kapolres  Kepulauan Selayar  AKBP. Syamsu Ridwan, S.IK  menegaskan bahwa tidak ada  Korban Jiwa  dalam kebakaran  ini  namun  satu  orang  ABK  mengalami  Luka Bakar. 

" Ada  Penumpang 7 Orang dan ABK 5 Orang, Alhamdulillah  semuanya  selamat , Korban luka satu orang   KKM  yaitu  Lk.  Syamsuddin yang mengalami luka  bakar  di kedua Kaki dan sudah  ditangani ", Kata Kapolres. 

Lebih  lanjut  disebutkan  bahwa kapal tersebut memuat barang kebutuhan Pokok, BBM berupa 5 drum solar dan 6 drum Bensin dan Tabung ukuran 3 kg sebanyak 70 buah.

@ Jumlah Awak KM JABAL RAHMA sebanyak 5 orang atas nama : 
1. MAGA / 50 tahun / Bonerate / ABK.
 2. MARJUDIN / 35 tahun / Bonerate / ABK.
 3. YUSRI / 18 tahun / Bonerate / ABK. 
4. SYAMSUDDIN / 45 tahun / KKM.
5. MUHLIS / 45 tahun / Nahkoda 

Kerugian   materil akibat kebakaran ini ditaksir sekitar 600 juta rupiah. Selanjutnya Polres  Kepulauan Selayar akan melakukan penyelidikan untuk  memastikan  penyebab  kebakaran  tersebut.

Komentar