KKN Antar Bangsa di Sabah, Mahasiswa Unnes Bantu Ajari Anak TKI | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

KKN Antar Bangsa di Sabah, Mahasiswa Unnes Bantu Ajari Anak TKI

Kamis, 06 September 2018 | 20.57 WIB

DHEAN.NEWS SABAH - Sebanyak 16 mahasiswa Unnes dari berbagai fakultas dan jurusan telah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Antar Bangsa di Sabah, Malaysia. Selama KKN yang berlangsung hampir satu bulan, para mahasiswa membantu mengajar anak-anak TKI di SIKK.  Selain itu, para mahasiswa juga melaksanakan pengabdian masyarakat di sejumlah Community Learning Center (CLC) serta terlibat aktif dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan.​

"Sebelumnya saya tidak pernah menyangka, ternyata di Sabah ini terdapat ribuan anak-anak TKI dengan berbagai latar belakang dan permasalahan. Mereka belajar secara informal di CLC atau PKBM dengan sarana dan prasarana yang serba terbatas.Terima kasih, kami telah diberi kesempatan untuk melaksanakan KKN dan PPL di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu dan CLC. Selama hampir satu bulan, kami banyak mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru sebagai bekal yang sangat berharga bagi kehidupan kami di masa depan." Demikian disampaikan Ayu Andriyani, salah seorang peserta KKN Antarbangsa Universitas Negeri Semarang (Unnes) ketika mengadakan kunjungan pamit kepada Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu, 4 Agustus 2018.

Pada kesempatan menerima kunjungan para peser​ta KKN, Konsul Jenderal RI Kota Kinabalu, Krishna Djelani, menyampaikan apresiasi atas partisipasi aktif dan kontribusi para mahasiswa dalam berbagai kegiatan sosial, terutama kontribusi dalam mendorong dan memotivasi semangat belajar anak-anak TKI yang belajar di CLC.

“Saya percaya kegiatan KKN dan PPL Antarbangsa ini juga memberikan pencerahan baru dan bermakna bagi bekal keberhasilan kalian di masa depan," tegas Konjen Krishna. (sumber: KJRI Kota Kinabalu)

Komentar