Menu Close Menu

ASEAN Akan Kembangkan Collective Outlook Konsep Asia Indo-Pasifik

Minggu, 09 September 2018 | 13.15 WIB

DHEAN.NEWS JAKARTA - Indonesia telah berinisiatif menyelenggarakan Pertemuan Retreat para Pejabat Senior (Senior Officials) untuk membahas secara khusus Konsep Asia Indo-Pasifik di Jakarta. Retreat ini dihadiri seluruh negara anggota ASEAN pada tingkat Ketua SOM.

Terletak di poros (fulcrum) kawasan Samudera Pasifik dan Samudera Hindia, Indonesia berpandangan bahwa peran proaktif ASEAN tidak terelakkan dan mendesak di tengah perubahan geopolitik dan geostrategis di kawasan.

Untuk itu, Indonesia mendorong ASEAN untuk dapat mengembangkan suatu wawasan bersama (collective outlook) atau kerangka kerja dengan fokus terhadap beberapa bidang kerja sama yang relevan dengan perkembangan dinamika kawasan, yaitu maritim, konektivitas dan agenda pembangunan berkesinambungan. Konsep Indonesia dimaksudkan untuk dapat memberikan nilai tambah bagi mekanisme kerja sama ASEAN yang telah ada saat ini dalam mewujudkan perdamaian, stabilitas dan kemakmuran kawasan demi keuntungan bersama, khususnya melalui penguatan KTT Asia Timur (East Asia Summit/EAS).

Pertemuan sepakat bahwa ASEAN perlu mengembangkan suatu wawasan bersama mengenai Konsep Asia Indo-Pasifik berdasarkan sentralitas ASEAN. Pertemuan juga telah menyetujui untuk semakin memperkuat prinsip-prinsip dasar, modalitas dan bidang kerja sama di bawah Konsep kerja sama dimaksud.

Komentar