Wabup Indubri : Satpol PP Juga Harus Bisa Diandalkan Saat Bencana | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Wabup Indubri : Satpol PP Juga Harus Bisa Diandalkan Saat Bencana

Kamis, 30 Agustus 2018 | 12.12 WIB

DHEAN.NEWS  TELUK WONDAMA - Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Teluk Wondama,Papua Barat harus terus ditingkatkan kemampuannya baik secara fisik maupun pengetahuan sehingga selalu bisa diandalkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

“Ke depan kita akan berhadapan dengan situasi Kantibmas yang berbeda dari waktu ke waktu. Kalau kita tidak siapkan secara baik maka mereka bisa berbenturan dengan massa yang kemungkinan bisa brutal. Kalau mereka tidak mempersiapkan diri kemungkinan korbannya adalah mereka, “ kata Wakil Bupati Paulus Indubri.

Indubri menyampaikan itu sewaktu membuka Pelatihan Pemantapan dan Pembekalan Anggota Satpol PP di Gedung Sasana Karya di Isei, Senin.

Wabup berkeinginan anggota Satpol PP Teluk Wondama tidak hanya mampu dalam penegakkan Perda serta penanganan ketertiban dan ketentraman masyarakat tetapi juga bisa diandalkan pada saat terjadi bencana. Termasuk menjadi petugas pemadam kebakaran.

“Harus disiapkan secara baik. Fasilitas-fasilitas yang ada terus digunakan agar mereka tahu menggunakan. Jangan sampai mereka tidak tahu menggunakan fasilitas yang ada, “ lanjutnya.

Soal fasilitas dan sarana penunjang yang masih terbatas, Indubri menyatakan akan diupayakan dilengkapi secara bertahap sehingga kinerja Satpol PP bisa semakin optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Sarana penunjang kita memang masih sangat terbatas. Kendaraan terbatas itu akan jadi perhatian daerah kita sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Supaya harapannya ada bencana di mana-mana kita bisa bergerak membantu, “ ujar Indubri yang menyarankan agar ada latihan bersama antara Satpol PP dengan pihak kepolisian.

Kepala Dinas Satpol PP Frans Torey beberapa waktu sebelumnya mengakui kinerja Satpol PP belum bisa maksimal sehingga sering mendapat sorotan dari masyarakat. Terlepas dari disiplin diri yang masih lemah, hal utama yang menjadi penyebab adalah minimnya sarana dan prasarana penunjang.

Adapun anggota Satpol PP Pemkab Teluk Wondama sejauh ini sebanyak 112 orang di mana sekitar separuh diantaranya merupakan pegawai honorer. (Nday)

Komentar