Unik, Serba Serbi Semangat HUT RI di Dusun Lebo, Begini Respon Wabup Kepulauan Selayar | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Unik, Serba Serbi Semangat HUT RI di Dusun Lebo, Begini Respon Wabup Kepulauan Selayar

Senin, 20 Agustus 2018 | 12.10 WIB

DHEAN.NEWS SELAYAR - Masih serba serbi semangat HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73. Unik, di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI tidak hanya dilaksanakan di tingkat kabupaten, kecamatan, dan desa, tetapi upacara pengibaran bendera merah putih juga dilaksanakan oleh masyarakat sampai di level tingkat dusun. 

Seperti yang terjadi di Dusun Lebo Desa Kohala, Kecamatan Buki. Masyarakat di dusun ini menggelar giat upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-73 dengan melibatkan masyarakat setempat. 

Dengan semangat kebersamaan, nasionalisme dan rasa cinta tanah air, upacara HUT RI, tahun ini merupakan kali kedua dilaksanakan setelah tahun sebelumnya sukses digelar. 

Demikian disampaikan oleh ketua panitia pelaksana Arman Syahid, S.A.P., pada malam ramah tamah HUT RI ke-73 di Dusun Lebo, Desa Kohala Kecamatan Buki, Ahad (19/8/2018) malam. 


"Bukan hanya gelar upacara, berbagai jenis lomba juga digelar, baik yang sifatnya hiburan, prestasi, hingga lomba yang sifatnya keagamaan. Ini kita latarbelakangi semangat kebersaman, kegotongroyongan dan rasa cinta tanah air," kata Arman Syahid. 

Sejumlah kegiatan yang yang terlaksana atas swadaya masyarakat, mendapat apresiasi yang tinggi, mulai dari pemerintah desa, pemerintah kecamatan, sampai pada Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar.

Kepala Desa Kohala, Abdul Rahman, S. Sos., dan Camat Buki, Ince Abd. Rahman, S. Sos., yang turut hadir diacara ini, pada kesempatannya masing-masing menyampaikan apresiasinya atas kebersamaan yang telah ditunjukkan oleh masyarakat Dusun Lebo dalam memeriahkan dan memperingati Hut Kemerdekaan Republik Indonesia.

Berharap ke depan dapat menjadi inspirasi bagi dusun-dusun lain, khusus yang ada dalam wilayah Desa Kohala dan wilayah Kecamatan Buki pada umumnya, harap Ince Rahman.

Senada dengan itu, Wakil Bupati Kepulauan Selayar Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., yang turut hadir, mengungkapkan rasa salutnya terhadap pelaksanaan acara ini dan kembali mempertegas bahwa kehadirannya adalah sebuah bentuk ungkapan apresiasi yang sangat tinggi atas apa yang telah dilaksanakan oleh masyarakat Dusun Lebo, dalam memperingati hari kemerdekaan.

Wakil Bupati menganggap cara masyarakat lebo dalam memperingati kemerdekaan adalah hal yang sangat luar biasa dan tidak semua dusun atau bahkan selevel desa mampu melakukan hal yang sama.

Wabup berharap, semangat masyarakat Lebo tidak hanya pada peringatan HUT RI saja, tapi semangat merdeka mereka juga hadir pada setiap kegiatan kegotongroyongan dibidang apapun.

Lebih lanjut Dr. Zainuddin mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Dusun Lebo untuk terus kembali lebih meningkatkan rasa patriotisme dan rasa nasionalismenya demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Mengakhiri arahanya, Wabup berpesan untuk terus mempertahankan, melanjutkan, dan lebih meningkatkan kegiatan ini di masa-masa yang akan datang.

Malam ramah tamah ini selain dihadiri oleh Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Camat Buki dan Kepala Desa Kohala, juga turut dihadiri oleh Ketua RT se-Dusun Lebo serta Seluruh lapisan masyarakat Dusun Lebo baik yang berdomisili di Lebo maupun masyarakat lebo yang berdomisili di ibu kota kabupaten. 

Komentar