Giliran Desa Sawakong Dicanangkan Sebagai Kampung KB | DHEAN NEWS
Menu Close Menu

Giliran Desa Sawakong Dicanangkan Sebagai Kampung KB

Rabu, 29 Agustus 2018 | 20.21 WIB

DHEAN.NEWS TAKALAR - Kembali Telah dilaksanakan Pencanangan Kampung KB tingkat Kecamatan yang diselenggarakan oleh  Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPP dan PA) Kab. Takalar di Dusun Bontomattiro Desa Sawakong Kec. Galsel Kab. Takalar, Rabu 29 Agustus 2018. 

Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Takalar DR. Hj. Irma Andriani, S.Pi.,M.Si mencanangkan secara langsung Dusun Bontomattiro Desa Sawakong Kab. Takalar sebagai Kampung KB disaksikan oleh Kepala Dinas PPKBPP dan PA Kab. Takalar, Camat Galsel, Kepala Desa Sawakong serta masyarakat setempat.


Pada kesempatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK dalam sambutannya menghimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan pekarangan rumah untuk di tanami tanaman yang bermanfaat. Pencanangan Kampung KB ini merupakan program yang digalakkan oleh BKKBN yang bertujuan untuk mensinergikan seluruh program kependudukan KB dan pembangunan keluarga dengan berbagai sektor seperti sektor pendidikan, kesehatan dan pertanian.

"Kampung KB merupakan upaya untuk mendekatkan pelayanan dan program KKBPK kepada masyarakat utamanya dalam mengaktualisasiakn peran 8 fungsi keluarga sehingga dapat mewujudkan keluarga kecil, bahagia, sejahtera dan berkarakter. 8 fungsi keluarga diantaranya fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi lingkungan, fungsi cinta kasih, fungsi reproduksi, fungsi pembinaan lingkungan dan fungsi ekonomi" jelas Ketua Tim P. PKK

Kepala Dinas PPKBPP dan PA Kab. Takalar Drs. H. Haeruddin Mallingkai dalam arahannya mengatakan diantaranya pembentukan kampung KB merupakan tindak lanjut dan upaya untuk dapat menggemakan kembali program KKBPK sehingga manfaatnya dirasakan secara langsung oleh masyarakat terutama yang berada pada wilayah miskin, padat penduduk, tertinggal dan terpencil. 

Beliau juga menambahkan bahwa Dusun Bontomattiro Desa Sawakong dipilih sebagai lokasi pencanangan Kampung KB karena sesuai dengan persyaratan untuk kampung KB, dari aspek KB, kesertaan keluarga untuk ber-KB masih rendah, kondisi wilayah secara yang dianggap jauh dari pelayanam umum.

Sementara itu, Camat Galsel Amran T. S. Sos dalam arahannya menyampaikan bahwa Kecamatan Galsel terdiri dari 12 desa, 5 desa diantaranya berada di daerah pesisir dan di Desa sawakong terdapat 5 dusun dengan jumlah KK kurang lebih 500 KK. 

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena dengan adanya pencanangan Kampumg KB di Kec. Galsel karena dapat meminimalisir jumlah anak dan pembangunan akan semakin meningkat sehingga tingkat Kesejahteraan masyarakat juga semakin meningkat". Tutup Camat Galsel dalam sambutannya.

Pencanangan kali ini dihibur dengan musik tradisional Pakacaping yang dibawakan warga Dusun Bontomattiro Ahmad Dg Pasang dan dirangkaikan dengan penyerahan bibit tanaman Cabe dari Penyuluh KB kepada Kepala Dusun Bontomattiro serta peninjaunan pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Implan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Takalar.

Usai pencanangan Kampung KB, Ketua Tim Penggerak PKK bersama rombongan meninjau proses pembuatan tirai yang terbuat dari bambu.

Para Kepala Desa se- Kec. Galsel, para Kader PKK Kecamatan, Kader KB Dusun Bontomattiro, Kepala Dusun, para Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat turut hadir dalam pencanangan tersebut.

Komentar